Zuckerberg tak Berencana Mundur dari Facebook

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 23 Nov 2018 13:02 WIB
media sosialfacebook
Zuckerberg tak Berencana Mundur dari Facebook
CEO dan Chairman Facebook Mark Zuckerberg. (Photo by Alain JOCARD / AFP)

Jakarta: Mark Zuckerberg berkata bahwa dia tidak punya rencana untuk mengundurkan diri sebagai Chairman Facebook ketika media sosial itu tengah menghadapi berbagai masalah.

"Bukan itu rencana saya," kata CEO Facebook dalam wawancara dengan CNN. "Saya tidak akan bekerja selamanya, tapi saya merasa mengundurkan diri itu bukanlah tindakan yang masuk akal."

Posisi Zuckerberg sebagai pemimpin Facebook, yang dia bantu dirikan pada 14 tahun lalu, dipertanyakan pada minggu lalu. 

New York Times merilis artikel tentang bagaimana Zuckerberg dan COO Sheryl Sandberg mengacuhkan berbagai tanda akan skandal Cambridge Analytica, terkait badan konsultasi politik menggunakan data dari jutaan pengguna Facebook.

Facebook juga dikabarkan sudah tahu akan pengaruh Rusia di platform mereka sejak musim semi 2016.

Facebook dilaporkan meminta bantuan perusahaan Definers Public Affairs untuk membalas atau menyebarkan informasi menghasut tentang para kritikus mereka.

Minggu lalu, beberapa senator dari Partai Demokrat mengirimkan surat, meminta penjelasan tentang hubungan Facebook dengan Definers.

Zuckerberg mengatakan dia baru mengetahui hubungan Facebook dengan Definers setelah membaca laporan dari New York Times.

"Saya yang memimpin perusahaan. Saya bertanggung jawab atas apapun yang terjadi di sini," kata Zuckerberg. "Saya rasa ini bukan tentang perusahaan PR tertentu; ini terkait bagaimana kami bertindak."

Elliot Schrage, Outgoing Head of Public Policy Facebook, disalahkan karena meminta bantuan dari Definers, menurut memo yang didapatkan oleh TechCrunch.

Dalam memo itu, Schrange dilaporkan mengakui bahwa dia memang mendorong dipublikasikannya berita buruk tentang para peasing, tapi membantah bahwa dia meminta atau membayar Definers untuk membuat berita palsu.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.