Vision Fund Segera Suntik Dana ke Grab?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 25 Dec 2018 14:38 WIB
grab
Vision Fund Segera Suntik Dana ke Grab?
Ilustrasi. (TechCrunch)

Jakarta: Vision Fund milik SoftBank tampaknya masih tertarik menanamkan investasi di startup unicorn asal Asia. SoftBank menargetkan dana investasi dari Vision Fund akan mencapai USD100 miliar.

Kini, Vision Fund dikabarkan akan menanamkan investasi sebesar USD1 miliar ke Grab, perusahaan transportasi online yang beroperasi di Asia Tenggara, lapor TechCrunch, mengutip dua narasumber. Salah satunya menyebutkan bahwa dana yang ditanamkan bisa mencapai USD1,5 miliar. 

Juru bicara SoftBank tidak menjawab ketika diminta untuk berkomentar sementara Grab menolak untuk berkomentar. 

Dalam beberapa bulan belakangan, Vision Fund telah menanamkan investasi sebesar USD3 miliar ke berbagai startup Asia, seperti OYO dari India pada September, Coupang dari Korea pada November, dan Tokopedia dari Indonesia. Ada pola dalam keputusan Vision Fund untuk mendukung startup Asia. 

Ketiga startup yang didukung oleh Vision Fund merupakan startup yang dimodali oleh SoftBank. Setelah perusahaan Jepang itu mentransfer sahamnya ke Vision Fund, mereka lalu menambahkan modal ke startup yang telah mereka modali via Vision Fund. Diperkirakan, SoftBank akan melakukan hal yang sama dengan Grab. 

Dalam laporan keuangan terbaru SoftBank, dijelaskan bahwa mereka berencana untuk memindahkan saham mereka di perusahaan transportasi online seperti Uber, Didi dari Tiongkok, Ola dari India, dan Grab ke Vision Fund. Namun, rencana ini belum direalisasikan dan belum diketahui kapan rencana itu akan dijalankan. 

"Perusahaan memperkirakan bahwa prosedur yang diperlukan akan dibuat di masa depan untuk mendapatkan izin dari rekan Fund dan persetujuan pihak berwajib untuk melakukan transfer," tulis SoftBank dalam laporan yang dirilis pada November itu. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.