BAKTI Pertimbangkan Pasang Detektor Tsunami di Palapa Ring

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 28 Dec 2018 10:02 WIB
kominfoteknologiBAKTI
BAKTI Pertimbangkan Pasang Detektor Tsunami di Palapa Ring
Menyambut baik, BAKTI mengaku masih perlu berdiskusi terkait penyematan detektor tsunami di Palapa Ring.

Jakarta: Bencana alam tsunami yang terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia dalam tiga bulan terakhir mendorong rencana pemanfaatan kabel serat optik Palapa Ring yang digelar BAKTI dan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk disematkan detektor gelombang tinggi ini.

Keinginan pemanfaatan Palapa Ring yang kini menghubungkan hampir seluruh wilayah Indonesia disampaikan oleh Badan Kajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). BAKTI turut menyambut baik keinginan tersebut, meski diakuinya masih perlu kajian mendalam.

“Kami sudah berkomunikasi dengan BPPT. Kami mendukung sekali kalau itu bisa terjadi, bagaimana deteksi tsunami. Tapi masih harus berdiskusi soal teknis,” ujar Direktur Utama BAKTI Anang Latif.

Anang menyebut proses penyematan alat detektor tsunami pada kabel serat optik tersebut bukanlah hal mudah dan memiliki tantangan. Tantangan tersebut berupa penurunan kualitas akibat pemutusan kabel yang perlu dilakukan guna menyematkan alat detektor tersebut.

Pemutusan kabel ini, lanjut Anang, akan berdampak pada kualitas jaringan yang menurun. Sehingga Anang menyebut pihaknya sedang menjajaki solusi teknologi yang memungkinkan proses penyematan alat detektor tanpa perlu memutuskan kabel dan menurunkan kualitas jaringan.

Selain itu, Anang juga menyebut rencana ini perlu dibahas secara lebih lanjut karena menyangkut hal teknis, sehingga BAKTI mengaku belum dapat berbagi informasi terkait waktu penyematan alat detektor tsunami ini akan dimulai.

Anang turut mengungkapkan pendapatnya bahwa penyematan alat detektor tsunami pada kabel serat optik ini akan lebih mudah jika telah direncanakan sebelum proses pengerjaan Palapa Ring dimulai.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.