Cortana Bakal Masuk iOS via Outlook

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 06 Mar 2018 09:31 WIB
microsoft
Cortana Bakal Masuk iOS via Outlook
Microsoft berencana menghadirkan integrasi Cortana pada Outlook versi Android dan iOS.

Jakarta: Setelah bos Microsoft Outlook Android dan iOS Javier Soltero menjadi pemimpin tim Cortana, laporan baru mengklaim bahwa Microsoft berencana menghadirkan asisten digital pada aplikasi email tersebut.

Sumber yang dikutip The Verge menyebut bahwa integrasi Cortana pada Outlook versi Android dan iOS kini tengah menjalani proses pengujian secara internal. Jika hasil pengujian positif, fitur ini akan secara resmi digulirkan sebagai bagian dari program beta sebelum versi akhir dirilis.

Laporan ini juga menyebut bahwa integrasi Cortana akan memungkinkan pengguna Outlook pada Android dan iOS memanfaatkan fitur kendali suara, salah satunya opsi untuk membacakan pesan keras-keras.

Selain itu, pengguna juga akan dapat menanyakan pertanyaan seperti "What's my email?", serta membaca pesan yang dikirimkan oleh kontak spesifik di Outlook.

Sayangnya, masih terlalu awal untuk memprediksi waktu peluncuran versi beta dari update untuk Outlook Android dan iOS ini. Alasannya, integrasi Cortana yang kini masih dalam proses pengujian internal.

Sebelumnya, Microsoft juga mengumumkan update untuk Skype, menjadikan aplikasi ini secara spesifik lebih optimal untuk dapat bekerja dengan baik pada perangkat yang menggunakan sistem operasi 4.0.3 Ice Cream Sandwich hingga Android 5.1 Lolipop.

Sementara itu, paten terbaru yang Microsoft menunjukkan bahwa mereka tengah mengembangkan perangkat serupa laptop dengan layar sentuh yang fleksibel. Bagian layar dari perngkat ini akan terbagi menjadi tiga kategori.

Bagian paling atas akan berfungsi layaknya layar laptop, bagian tengah merupakan bagian "transisi" yang memungkinkan perangkat ini untuk dilipat dan bagian bawah yang berisi keyboard virtual.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.