Elon Musk Pamerkan Tesla Roadster yang Bakal Dikirim Pakai Falcon Heavy

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 23 Dec 2017 11:52 WIB
antariksa
Elon Musk Pamerkan Tesla Roadster yang Bakal Dikirim Pakai Falcon Heavy
Tesla Roadster yang akan dikirimkan. (Instagran / Elon Musk)

Jakarta: Beberapa minggu lalu, CEO SpaceX Elon Musk mengumumkan bahwa dia berencana untuk mengirimkan Tesla Roadster ke luar angkasa menggunakan roket Falcon Heavy.

Kini, Musk mengunggah beberapa gambar yang menunjukkan persiapan untuk mengirimkan Roadster berwarna merah itu di markas SpaceX. Sekumpulan foto yang diunggah ke Instagram ini menunjukkan Roadster yang diletakkan di bagian atas roket.

Foto-foto tersebut diunggah beberapa jam setelah beredar gambar di forum internet Reddit yang menunjukkan mobil Tesla tengah disiapkan untuk dikirimkan ke luar angkasa. Ini akan menjadi penerbangan pertama Falcon Heavy, roket yang telah SpaceX buat selama bertahun-tahun. 

Falcon Heavy adalah penerus Falcon 9 dan dilengkapi dengan tiga booster yang digabung menjadi satu dengan tujuan untuk memberikan daya dorong yang cukup kuat untuk membawa roket tertangguh saat ini terbang ke orbit.

Jika penerbangan Falcon Heavy sukses, maka ia bisa digunakan oleh SpaceX untuk mengirimkan muatan yang lebih banyak ke luar angkasa. Ini juga akan membantu SpaceX untuk menjelajah tata surya ke tempat yang lebih jauh lagi, lapor The Verge

SpaceX tidak ingin menggunakan muatan yang berharga dalam penerbangan pertama Falcon Heavy. Tidak heran, mengingat Musk mengakui bahwa ada kemungkinan penerbangan Falcon Heavy pertama berakhir dengan ledakan. Karena itulah, SpaceX berencana untuk menggunakan "muatan bohongan."

"Tes penerbangan roket baru biasanya membawa simulator massa dalam bentuk balok baja. Itu terdengar membosankan," tulis Musk dalam akun Instagram resminya.

"Tentu saja, semua yang membosankan itu menyebalkan, terutama perusahaan, jadi kami memutuskan untuk mengirimkan sesuatu yang tidak biasa, sesuatu yang membuat kita merasakan emosi kuat."

Pada April, Musk berkata dia mencoba untuk memikirkan "hal paling konyol yang bisa kita bayangkan" untuk diletakkan di atas Falcon Heavy. Pada 1 Desember, dia membuat kicauan bahwa muatan yang Falcon Heavy bawa dalam penerbangan pertamanya adalah Tesla Roadster yang sedang memutar lagu Space Oddity. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.