Kerja Sama E-Commerce Indonesia-Taiwan Bisa Semakin Erat

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 06 Oct 2017 11:08 WIB
e-commercetaitra
Kerja Sama E-Commerce Indonesia-Taiwan Bisa Semakin Erat
E-commerce Expo Asia 2017 selesai digelar pada 28-30 Sepetember 2017 di Taipei

Metrotvnews.com, Taipei: E-commerce Expo Asia 2017 selesai digelar pada 28-30 Sepetember 2017 di Taipei, Taiwan. Ajang itu mempertemukan berbagai perusahaan e-commerce beserta perusahaan-perusahaan pendukungnya dengan konsumen dan beberapa asosiasi di Taiwan.

Energi positif begitu terasa di Taipei World Trade Center (TWTC), tempat berlangsungnya acara tersebut. Antusiasme peserta dan pengunjung terlihat dari keramaian dan berbagai pertunjukan yang diadakan masing-masing booth. Acara itu sendiri berhasil meraih sedikitnya 10.000 pengunjung dari berbagai negara.

Taitra sebagai penyelenggara berhasil mempertemukan potensi e-commerce dari berbagai negara, seperti Jepang, Tiongkok, Indonesia dan Taiwan. Indonesia sendiri selalu mendapat tempat spesial di Taiwan. Banyak perusaahan asal Taiwan menganggap Indonesia sebagai negara besar yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi dan juga perkembangan e-commerce yang cukup pesat.

Tahun ini, ada 2 perusaaan e-commerce asal Indonesia yang berkesempatan ambil bagian di event ini, yakni Asia Commerce dan Blibli.com, bersanding dengan pemain besar asal Asia seperti JD.com dan Rakuten. Selain itu, ada pula booth Pertamina yang semakin menguatkan posisi Indonesia di ajang tersebut.

Asia Commerce dan Blibli.com juga berkesempatan menjadi pembicara di DATE (Discover Advanced Trends in E-commerce) Summit, yang merupakan bagian dari rangkaian E-Commerce Expo Asia 2017. 

Business Development Blibli.com, Shirley Handoko, mengatakan bahwa event tersebut bagus, dan banyak penjual dari Taiwan yang tertarik untuk ikut menjual produknya di Blibli.com.

“Bagus Acaranya. Banyak seller yang interested untuk join global selling program kita,” katanya saat diwawancarai Metrotvnews.com.

Sebelumnya, Blibli.com juga menggelar Indonesian Market Overview dan Blibli.com E-Commerce Business Investment pada 11 Agustus 2017 di kantor TAITRA di Tainan, Taiwan. Kegiatan itu dihadiri lebih dari 70 pelaku usaha dari berbagai sektor.

Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei juga menguatkan data meningkatnya kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Taiwan dari tahun ke tahun.

Total nilai perdagangan Indonesia-Taiwan pada periode Januari-Juli 2017 mencapai USD4,6 miliar, dengan total ekspor Taiwan sekitar USD1,8 miliar dan total impor Taiwan sekitar USD2,8 miliar. Dibandingkan dengan total perdagangan pada periode yang sama di tahun 2016 (USD 4,06 miliar), maka terjadi peningkatan sebesar 14,11 persen.

Kepala Bidang Perdagangan KDEI, Miftah Farid mengatakan bahwa E-commerce Expo Asia 2017 memiliki 2 manfaat. Pertama, mengenalkan e-commerce luar negeri, termasuk Indonesia kepada e-commerce Taiwan dan produsen (supplier). Kedua, expo ini juga memberikan peluang buat e-commerce Indonesia dan Taiwan untuk bekerjasama.

Saat ini, sedang ada pembahasan kerja sama e-commerce dibawah Joint Committee Trade and Investment (JCTI) Indonesia-Taiwan. Diharapkan, antara TAITRA dengan KADIN (Kamar Dagang dan Industri) Indonesia bisa terjalin kerja sama yang semakin baik.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.