CES 2018

ASUS ROG Swift PG65, Monitor Gaming Sekaligus TV 65 inci

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 14 Jan 2018 14:18 WIB
asusces 2018
ASUS ROG Swift PG65, Monitor Gaming Sekaligus TV 65 inci
Monitor ASUS ROG Swift PG65 berbasis teknologi NVIDIA G-Synch yang mendukung format BFGD.

Jakarta: NVIDIA di ajang CES 2018 Las Vegas, Amerika Serikat, telah mengumumkan kecanggihan teknologi NVIDIA G-Sync yang menghasilkan monitor dengan teknologi BFGD (Big Format Gaming Display).

Teknologi BFGD memungkinkan sebuah monitor berukuran 65 inci menghasilkan kualitas gambar yang sesuai dengan refresh rate serta framerate dari kartu grafis di perangkat gaming, tidak seperti televisi yang tidak pernah bisa menyesuaikan hasil gambar dengan hasil yang diingkan oleh kartu grafis.

NVIDIA menyatakan akan bekerja sama dengan beberapa vendor yang akan mengimplementasikan teknologi itu, dan kini ASUS mengumumkan di ajang tersebut bahwa mereka sudah mewujudkannya lewat produk ROG Swift PG65.

ASUS ROG Swift PG65 membawa teknologi BFGD NVIDIA, yakni layar berukuran 65 inci resolusi 4K HDR dan refresh rate 120Hz. Selain itu monitor ini juga sudah dibenamkan NVIDIA SHIELD sehingga berfungsi sebagai Android TV.

NVIDIA SHIELD memungkinkan monitor ini dipergunakan layaknya televisi untuk mengakses layanan streaming Netflix, Amazon Video, YouTUbe, Hulu Plus. Tidak harus menggunakan remote, ASUS ROG Swift PG65 juga bisa dikendalikan dengan perintah suara dari Google Assistant.



ASUS merupakan yang pertama mengimplementasikan teknologi NVIDIA ini, kemungkinan saat merek lain juga sudah mengadopsinya maka tren monitor 65 inci untuk gaming akan ramai di pasar. ASUS snediri belum menyebutkan harga dan tanggal produk ini dirilis ke pasar.

Seperti yang diketahui bahwa tidak peduli seberapa besar layar televisi tersebut apabila perangkat tersebut tidak mampu menyajikan gambar setara refresh rate display dan framerate yang dihasilkan kartu grafis yang dibenamkan dalam dapur pacu PC atau laptop gaming maka gambar yang tampil akan bermasalah.

Dampaknya Anda akan menemukan screen tearing atau bagian gambar yang tampak terpotong dan tersendat di beberapa bagian. Oleh sebab itu, layar monitor PC mampu menyajikan pengalaman lebih baik.

Lewat inovasi NVIDA G-Sync, industri monitor gaming mampu menembus ukuran layar yang lebih besar dari sebelumnya. Bahkan, bisa saja nantinya menggeser produk televisi khususnya di kalangan gamer.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.