Penganut Bumi Datar Masih Usaha Bikin Roket Sendiri

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 27 Mar 2018 08:22 WIB
antariksasains
Penganut Bumi Datar Masih Usaha Bikin Roket Sendiri
Mike Hughes sukses luncurkan roket buatannya sendiri. (YouTube /Matt Hartman)

Jakarta: Selama bertahun-tahun, "Mad" Mike Hughes tidak hanya percaya bahwa Bumi itu datar, dia juga berkeras membuktikan hal ini dengan membuat roket sendiri.

Dia bahkan mengaku telah meluncurkan roket buatannya sendiri pada 2014. Namun, dia tidak memiliki bukti kecuali luka yang dia dapat saat dia ditarik keluar setelah roket mendarat. 

Sekarang, dia kembali menerbangkan roket buatannya sendiri. Hughes meluncurkan roket tenaga uap di dekat Amboy, California. Roket tersebut mencapai ketinggian sekitar 1.875 kaki atau sekitar 571 meter sebelum ia mendarat di Mojave Desert.

Meskipun roket itu tidak dilengkapi dengan sistem keamanan yang memadai, profesional medis mengatakan bahwa nyawa Hughes tidak dalam bahaya, lapor Engadget

Pada awalnya, Hughes ingin meluncurkan roket buatannya pada bulan November. Sayangnya, dia harus menunda peluncuran roketnya karena masalah hukum -- Biro Manajemen Tanah (BLM) tidak memberikan izin karena dia berencana meluncurkan roket di tempat umum -- dan juga masalah teknis. Pada akhirnya, Hughes bisa meluncurkan roketnya di kawasan milik pribadi.

Pada penerbangan berikutnya, Hughes berharap dia akan mencapai ketinggian yang jauh lebih tinggi. Tujuannya adalah untuk meluncurkan roket dari balon yang bisa membawanya ke ketinggian 68 mil (109 kilometer).

Jika semuanya berlajan lancar, dia akan mencoba melakukan penerbangan ini pada bulan Agustus. Ironisnya, Hughes tidak akan bisa menerbangkan roketnya jika Bumi memang datar. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.