Konsol PS4 Terjual Lebih Banyak dari Nintendo Switch dan Xbox One

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 31 Oct 2017 20:18 WIB
game
Konsol PS4 Terjual Lebih Banyak dari Nintendo Switch dan Xbox One
Konsol gaming Sony PlayStation 4 menjadi perangkat yang paling laris di dunia mengalahkan Xbox One dan Nintendo Switch

Metrotvnews.com: Sony PlayStation patut berbangga kali ini. Setelah beberapa bulan sebelumnya tidak mendominasi penjualan perangkat gaming di beberapa negara akibat melejitnya Nintendo Switch, PS4 masih menjadi konsol yang paling banyak terjual di seluruh dunia.

Hal ini diketahui dari CNET yang mengutip laporan finansial Sony Interactive Entertainment untuk kuartal ke-2 tahun ini yang ditutup pada tanggal 30 Oktober kemarin.

Disebutkan Sony berhasil menjual PS4 sebanyak 67,5 juta unit di seluruh dunia. Angka ini meningkat dari total penjualan di kuartal ke-1 yang hanya mencapai 63,3 juta unit.

Angka penjualan tersebut adalah sebuah prestasi yang membanggakan dari konsol yang sudah diperkenalkan sejak tahun 2013. Artinya, ini adalah tahun ke-4 bagi konsol gaming tersebut. Penjualannya juga disebut dua kali lebih cepat dari PS3, yang pada tahun ke-4 konsol tersebut di Februari tahun 2010 hanya berhasil terjual 33,71 juta unit.

Berbeda lagi dengan penjualan unit konsol PS2 yang di tahun ke-4, yakni tahun 2000, yang penjualannya sudah mencapai 81,39 juta unit. Konsol PS2 tetap menjadi perangkat gaming buatan Sony yang penjualannya paling cepat. Tercatat bahwa angka total penjualan konsol PS2 selama ini sebanyak 157,68 juta di seluruh dunia, sebelum akhirnya digantikan kehadiran PS3.

Dibandingkan kompetitornya, PS4 sendiri berhasil mempertahankan titelnya sebagai konsol gaming paling laris. Xbox One disebut hanya terjual sebanyak 30,97 juta unit di seluruh dunia. Nintendo Switch berada jauh di belakang PS4 dengan penjualan sebanyak 6,26 juta unit saja.


(MMI)