Microsoft Launcher Versi Android Sudah Dukung Cortana

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Feb 2018 12:22 WIB
microsoft
Microsoft Launcher Versi Android Sudah Dukung Cortana
Microsoft meluncurkan update untuk Launcher versi Android, berbekal integrasi Cortana.

Jakarta: Microsoft Launcher versi Android menerima update versi 4.6, dengan bekal integrasi Cortana. Update ini juga memungkinkan pengguna menambahkan Daily Bing Wallpaper ke halaman Home atau Lock, ataupun keduanya.

Pengguna dapat memilih kontak yang akan dimasukan pada kartu People, dan menempatkan widget pada dock. Selain itu, pengguna juga dapat menyematkan aplikasi atau kontak yang telah dicari ke halaman Home.

Microsoft Launcher juga memungkinkan pengguna untuk mengubah wallpaper di ponsel, atau menggunakan paket warna atau ikon tema. Hasil foto yang dipotret pada ponsel akan muncul pada PC Windows.

Dengan aplikasi, pengguna juga dapat mengatur feed personal termasuk berita, kalendar event, kontak dan sebagainya. Sementara itu dengan pencarian universal, pengguna dapat mencari di situs dan ponsel secara bersamaan.

Untuk kemampuan Cortana, asisten personal virtual versi ini memiliki fungsi serupa dengan aplikasi Cortana versi Android. Menurut informasi di Google Play Store, Cortana dapat membantu pengguna melakukan panggilan telepon, menjadwalkan pertemuan, mengubah wallpaper, melanjutkan aktivitas di PC atau membacakan berita utama.

Pada aplikasi Microsoft Launcher versi Android, pengguna juga dapat mempelajari kemampuan Cortana via tips dan saran, memberikan perintah kepada Cortana terkait dengan kartu Feed, bar pencarian, shortcout, gestur klik ganda dan penekanan berjangka waktu lama pada tombol home.

Selain itu, pengguna juga dapat memanfaatkan Cortana untuk menyelesaikan tugas telepon dasar seperti melakukan panggilan, SMS, meluncurkan aplikasi dan pencarian via suara. Penggunaan Cortana juga dapat dimanfaatkan untuk melakukan personalisasi pada ponsel seperti mengubah wallpaper, penguna aksen warna atau tema.

Cortana pada Microsoft Launcher versi Android juga berkemampuan untuk mengirim gambar ke PD, berbincang, melakukan sinkronisasi pengingat dengan Launcher To-Do, memfasilitasi pekerjaan seperti menciptakan, mengurutkan atau menampilkan pertemuan.

Cortana juga bertugas mengingatkan pengguna pada komitmen pada email, serta mengendalikan pengaturan sistem. Asisten virtual Microsoft ini terintegrasi pada aplikasi di wilayah Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia dan Tiongkok.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.