Jangan Lengah Gunakan TIK, Kalau Tidak Mau Dibobol

Farhan Dwitama    •    Kamis, 09 Nov 2017 15:25 WIB
cyber security
Jangan Lengah Gunakan TIK, Kalau Tidak Mau Dibobol
R Eko Indrajit, dalam seminar nasional TIK Cyber and Computer Security Keamanan Teknologi Informasi, Kamis 9 November 2017 di Auditorium Kampus Unpam, Tangerang Selatan.

Metrotvnews.com, Tangerang: Pencurian data dan informasi akibat pemanfaatan teknologi informasi yang kurang bijak terus saja terjadi. Pengguna layanan informasi dan teknologi wajib waspada, karena umumnya aktifitas pencurian, peretasan oleh hacker terjadi karena kecerobohan penggunanya. 

Chairman ID-SIRTII (Indonesia Security Incident Response Team on Internet Infrastructure), R. Eko Indrajit menjelasakan, terjadinya aktiftas peretasan yang menimbulkan beragam kerugian pada korbannya, disebabkan  karena lengahnya pengguna jaringan IT seperti komputer, gadget dan internet. 

Dihadapan 3.476 mahasiswa Universitas Pamulang dan STMIK Eresha, Eko Indrajit meminta mahasiswa ikut mengedukasi masyarakat dengan kehati-hatian terhadap penggunaan TIK dewasa ini. 

Pencurian data dan informasi oleh hacker, lanjut dia, secara tidak sadar dilakukan pada rutinitas sehari-hari masyarakat pada saat ini. 

“Kita sendiri yang memberikan keleluasaan kepada orang lain untuk mencuri data kita,” ucap Eko Indrajit, Kamis 9 November, di Auditorium Kampus Unpam, dalam seminar bertema cyber and computer security, keamanan Teknologi Informasi.

Keleluasaan itu, lanjutnya, seperti saat kita mengunduh file melalui jaringan internet secara gratis. “Bisa juga, saat kita menyambungkan jaringan Wi-Fi di area publik, seperti pusat perbelanjaan, atau kafe,” kata dia.

Menurutnya, menyadap yang dilakukan ahli IT saat ini tidak lagi sama dengan yang dilakukan pada zaman dulu. Aekarang bisa lewat internet dengan memasukkan software yang secara sadar kita unduh. 

“Menyadap itu bukan seperti zaman dulu, karena sekarang bisa lewat internet dengan memasukan software yang secara tak sadar kita download. Tapi, paling banyak masih dilakukan oleh flashdisk yang dipasang sembarangan,” kata dia. 


(MMI)