Nokia Hampir Punya Smartwatch

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 15 Nov 2016 16:56 WIB
nokia
Nokia Hampir Punya Smartwatch
Begini tampang Moonraker, smartwatch Nokia yang tidak pernah sempat menyapa konsumen.

Metrotvnews.com: Jika Apple punya Watch, Nokia juga memiliki hampir memiliki smartwatch karyanya, bernama Moonraker. Ide Moonraker ini dilaporkan telah dimiliki Nokia saat Apple tengah mengembangkan jam tangan cerdasnya tersebut.

Salah seorang sumber yang enggan disebutkan namanya mengungkap, perusahaan asal Finlandia tersebut telah memulai proses pengembangan smartwatch yang mengusung sejumlah estetika dari ponsel Windows Phone modern. Prototipe perangkat tersebut pernah dipamerkan dalam ajang Mobile World Congress tahun lalu.

Moonraker juga direncanakan meluncur bersamaan dengan Lumia 930, namun harus batal setelah Microsoft mengakuisisi bisnis ponsel Nokia. Gambar perangkat dengan nama Microsoft Moonraker ini sempat diunggah melalui blog Tumblr dan ditemukan oleh Evan Blass.

Gambar ini kemudian diketahui ditujukan untuk keperluan pemasaran, dan bukan sekadar gambar konsep. Melalui gambar yang diunggah Pei-Chi Hsieh, pemilik blog Tumblr yang juga pegawai desain Microsoft ini menampilkan desain yang akan diusung smartwatch Nokia tersebut.

Nokia Moonraker tidak pernah menyapa konsumen karena Microsoft tengah mempersiapkan perangkat wearable Band. Microsoft lebih memilih untuk meluncurkan Band karena dinilai memiliki lebih banyak fungsionalitas, dibandingkan dengan Moonraker.

Moonraker dilengkapi dengan sejumlah sensor yang memungkinkan pengguna menampilkan pesan teks hanya dengan mengangkat tangan, atau menonaktifkan layar dengan menurunkannya. Jam tangan cerdas Nokia ini juga mengadopsi antarmuka Metro dari Windows Phone, dan membekalinya dengan aplikasi email, telepon dan pesan.

Selain itu, jam tangan ini juga dilengkapi dengan pengendali kamera jarak jauh untuk memotret menggunakan smartphone. Perangkat ini juga didukung oleh aplikasi Facebook dan MixRadio terintegrasi, serta tampilan layar yang dapat dikustomisasi dan tali dengan berbagai pilihan warna.

Tidak hanya gambar, sebuah video yang menampilkan tutorial penavigasian antarmuka Moonraker juga beredar. Video ini diunggah oleh akun bernama @tfwboredom melalui media sosial Twitter.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.