Hati-Hati! Iklan di Spotify Mengandung Malware

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 13 Oct 2016 16:26 WIB
cyber security
Hati-Hati! Iklan di Spotify Mengandung Malware
Iklan di Spotify mengandung malware

Metrotvnews.com: Jika Anda pengguna layanan musik streaming Spotify versi gratis alias tidak menggunakan layanan berlangganan, Anda harus waspada karena bisa saja perangkat Anda telah disusupi malware yang berasal dari iklan yang ditampilkan di layanan Spotify versi tidak berbayar. Kepada Engadget, Spotify telah mengakui permasalahan tersebut, namun mengklaim bahwa hanya sedikit perangkat yang terinfeksi.

Kasus penyisipan malware melalui iklan pop up yang ditampilkan di sebuah layanan berbasiskan internet memang sudah pernah terjadi sebelumnya. Menurut penelitian perusahaan keamanan digital Avast, kasus serupa telah ditemukan sejak tahun 2011. Dengan menggunakan metode bernama "Malvertising", para penjahat siber berusaha menipu pengguna sebuah layanan internet dengan menggunakan kedok iklan untuk menyebar malware-nya.

Malvertising pada dasarnya dapat menyelinap ke setiap platform atau situs yang menampilkan iklan. Melalui layanan jejaring periklanan, penjahat siber bisa berpura-pura menampilkan iklan, namun di iklan tersebut bisa diganti dan disisipi oleh malware. Kebanyakan iklan tersebut akan tampil sebagai popup yang muncul di aplikasi tidak berbayar seperti layanan tidak berbayar Spotify.

Menurut Avast, malvertising cukup membahayakan dapat menipu orang agar memberikan informasi sensitif, seperti rincian login atau informasi kartu kredit.


(ABE)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

12 hours Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /