AMD Radeon RX 490 akan Rilis Akhir Desember?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 23 Nov 2016 18:22 WIB
amd
AMD Radeon RX 490 akan Rilis Akhir Desember?
Radeon RX 490 kemungkinan besar akan dirilis pada akhir Desember mendatang

Metrotvnews.com: Informasi terbaru mengenai kartu grafis AMD Radeon RX 490 kembali beredar. Menurut WCCFTech, kartu grafis kelas atas terbaru AMD tersebut akan diumumkan dan dirilis secara bersamaan pada akhir bulan Desember mendatang.

Selama ini, kartu grafis Radeon RX 490 memang telah terdaftar di situs resmi AMD dan hal tersebut membuat banyak pihak yakin bahwa AMD telah sangat siap untuk merilis Radeon RX 490.

Pertanyaannya, akan seperti apa RX 490 nanti?

Beberapa sumber mengatakan RX 490 akan menggunakan GPU Vega yang merupakan GPU kelas atas AMD yang belum dirilis. Namun, menurut WCCFTech, kecil kemungkinan hal tersebut terjadi. Vega sendiri dikabarkan masih dalam tahap pengembangan dan diperkirakan belum siap untuk ditanam di sebuah kartu grafis.

WCCFTech memperkirakan RX 490 masih akan menggunakan GPU Polaris 10. Namun, yang menjadi pertanyaan adalah apakah GPU yang digunakan akan sama dengan RX 480? Kemungkinan besar, RX 490 memang akan menggunakan GPU yang sama dengan RX 480, tapi, kartu grafis baru tersebut akan menggunakan 2 GPU Polaris 10.



Informasi tersebut datang dari bocoran informasi yang didapatkan oleh Zauba. Dalam sebuah sertifikasi pengiriman kartu grafis baru yang diduga adalah Radeon RX 490, dideskripsikan bahwa kartu grafis tersebut menggunakan 2 GPU. Penggunaan 2 GPU juga akan menjadi keuntungan tersendiri bagi RX 490 yang diperkirakan akan sangat fokus ke teknologi virtual reality.

Penggunaan 2 GPU dalam satu kartu grafis dikatakan bisa membagi beban kerja pemprosesan grafis yang akan ditampilkan. Dengan dukungan DirectX 12 yang telah mendukung teknologi Asynchronous Computing dan API AMD LiquidVR, penggunaan 2 GPU seharusnya bisa menjadi keuntungan ganda bagi AMD nantinya.

Yang pasti, RX 490 kemungkinan akan mencoba berhadapan langsung dengan GTX 1080. Siapakah yang menang? Kita tunggu saja kehadirannya.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /