MacBook Pro Baru akan Makin Canggih

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 26 Oct 2016 13:36 WIB
applemacbook
MacBook Pro Baru akan Makin Canggih
Touch panel pada MacBook Pro baru. (9to5Mac)

Metrotvnews.com: Banyak orang yang menduga Apple akan meluncurkan MacBook Pro dengan desain baru pada acara besok. Namun, satu hari sebelum acara, telah beredar gambar bocoran dari laptop tersebut.

MacRumors menemukan dua gambar yang tersembunyi dalam update untuk MacOS Sierra yang diluncurkan kemarin. Dua gambar tersebut menunjukkan MacBook Pro baru. Pada gambar tersebut, terlihat touch panel di bagian atas keyboard dan juga pemindai sidik jari.

Gambar-gambar ini juga menunjukkan MacBook Pro yang lebih kecil dengan bezel yang lebih tipis di sekitar keyboard dan layarnya. Menurut The Verge, tombol pada Pro terlihat lebih datar, yang berarti Apple mengadopsi format yang mereka gunakan pada MacBook.

Selain beberapa perubahan ini, MacBook Pro yang ada dalam gambar bocoran ini terlihat seperti MacBook Pro yang ada sekarang ini.



Bagian paling menarik dari gambar MacBook Pro ini adalah touch panel yang ada di bagian atas keyboard, yang memang sudah dirumorkan sejak beberapa bulan lalu. Gambar bocoran ini menunjukkan bagaimana touch panel itu akan bekerja. Ia tidak akan menunjukkan apa-apa ketika komputer berada dalam keadaan mati dan akan menampilkan warna, tombol dan simbol, tergantung pada apa yang tampil pada layar.

Salah satu gambar tersebut juga menunjukkan bagaimana touch panel itu digunakan untuk Apple Pay. Sebuah panah menunjuk ke arah pojok kanan dari touch panel tersebut, yang merupakan tempat pemindai sidik jari Touch ID. 9to5Mac juga menemukan adanya ikon dalam macOS yang mengimplikasikan bahwa Apple akan menyediakan fitur membuka kunci atau melakukan autentikasi menggunakan Touch ID.

Ada kemungkinan, Touch panel pada MacBook Pro itu disebut Magic Toolbar. Brian Conroy dari The Trademark Ninja, yang sebelum ini pernah menemukan nama-nama produk sebelum ia diluncurkan, menemukan pengajuan trademark untuk nama itu dari Apple.

Namun, hal ini bukan berarti Apple memang akan menggunakan nama itu, meski nama itu memang sesuai dengan karakteristik nama yang digunakan oleh Apple selama ini.


(ABE)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.