Ini Produk yang akan Apple Luncurkan Besok

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 26 Oct 2016 14:46 WIB
applemacbook
Ini Produk yang akan Apple Luncurkan Besok
MacBook Pro.

Metrotvnews.com: Besok, Apple akan mengadakan sebuah acara di Cupertino. Diduga, mereka akan memberikan beberapa update untuk Mac, yang telah lama tidak mendapatkan update besar.

Apple diperkirakan akan fokus pada MacBook Pro mereka juga diduga akan memberikan update untuk MacBook Air dan iMac dan akan mengumumkan tanggal rilis AirPods.

Inilah beberapa produk yang diperkirakan akan mendapatkan update besok.

MacBook Pro
Menurut The Verge, Apple terakhir kali merombak desain MacBook Pro pada 2012 dengan membuatnya tampil lebih ramping dan menghilangkan optical disk drive. Apple melakukan sedikit perubahan satu tahun kemudian. Namun, secara keseluruhan, desain Pro tetap sama meski setiap tahunnya, Apple memberikan update spesifikasi. 

Kali ini, MacBook Pro disebutkan akan memiliki desain yang lebih tipis dan lebih ringan. Menurut Bloomberg, laptop ini, yang akan hadir dalam ukuran 13 inci dan 15 inci, akan "sedikit lebih tipis" dari versi yang ada sekarang. Selain itu, tampaknya tidak ada perubahan mencolok pada Pro.

Bocoran gambar dari MacBook Pro menunjukkan laptop dengan desain yang tidak jauh berbeda dengan yang ada sekarang, tapi dengan bezel yang lebih tipis.

Diduga, fitur baru dari MacBook Pro yang paling mencolok adalah touch panel. Sebagai pengganti tombol function, Apple akan memberikan touchscreen kecil yang bisa dikonfigurasikan untuk menampilkan opsi yang berbeda-beda, sesuai dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan. 

Misalnya, saat Anda menggunakan Word, Anda akan mendapatkan opsi untuk melakukan copy, paste atau format. Sementara saat Anda membuka Photoshop, Anda dapat melihat penyesuaian untuk brush. Fitur ini akan sangat membantu kalangan profesional yang ingin memiliki shortcut yang lebih jelas pada keyboard.



Selain itu, Apple tampaknya juga akan menambahkan pemindai sidik jari pada MacBook pro, sama seperti pada iPhone dan iPad. Pada bulan Agustus lalu, Bloomberg melaporkan bahwa pemindai ini akan ada di bagian samping dari touch panel. Dan tampaknya perkiraan ini memang tepat. Berdasarkan gambar bocoran MacBook Pro, di atas tombol "delete", terdapat sensor sidik jari di bagian ujung touch panel.

Apple juga disebutkan akan menambahkan port USB-C pada MacBook Pro, yang tidak mengherankan. Pertanyaan yang muncul adalah berapa banyak port yang Apple berikan? Menurut rumor yang beredar pada bulan Mei lalu, MacBook Pro akan memiliki 4 port USB-C. Sebagai gantinya, MacBook Pro tidak memiliki port charger, port HDMI atau slot SD card.

Apple juga tentunya akan memberikan perbaikan spesifikasi. Analis Apple dari KGI Securities, Ming-Chi Kuo memperkirakan, Apple akan menggunakan prosesor Skylake, yang Intel diluncurkan pada awal tahun ini. Kuo juga memperkirakan Apple akan menyediakan opsi SSD 2TB. Dia berkata, Apple juga mungkin akan meningkatkan kualitas Retina display tanpa meningkatkan resolusi layar. 

Satu hal yang belum pasti adalah apakah Apple akan menyediakan warna lain selain warna perak untuk MacBook Pro.

MacBook Air
MacBook Air diperkirakan akan mendapatkan update kecil besok. Bloomberg melaporkan, Apple akan menambahkan port USB-C pada Air sebagai pengganti port USB 3.0. Apple juga disebutkan akan menggunakan prosesor yang lebih cepat.

Selain itu, Air dikabarkan tidak akan mendapatkan update baru. Rumor bahkan menyebutkan, Apple berencana untuk berhenti memproduksi Air dengan layar 11 inci dan hanya akan meneruskan model 13 inci. 

iMac
Lini ini juga diperkirakan tidak akan mendapatkan update besar. Namun, Apple mungkin memang merasa belum perlu untuk memberikan update besar-besaran untuk iMac, mengingat mereka baru memberikan update besar pada tahun 2014 dan 2015, yaitu dengan menambahkan opsi layar 5K dan 4K.

Foto: AP Photo/Mark Lennihan

Kali ini, Apple diperkirakan akan menambahkan port USB-C ke iMac. Bloomberg juga melaporkan, iMac baru akan memiliki opsi untuk kartu grafis AMD terpisah, yang bukan sesuatu yang mengejutkan, mengingat AMD GPU sudah tersedia sebagai opsi pada model 5K dari iMac.

Namun, masih belum diketahui apakah Apple akan mengumumkan pembaruan untuk iMac besok. Apple tentunya ingin memberikan prosesor baru untuk iMac, tapi Intel belum merilis prosesor generasi baru untuk itu. Hal ini berarti, meski Apple meluncurkan iMac baru besok, kemungkinan, ia tidak akan langsung tersedia di pasar.

AirPods
Apple pertama kali mengumumkan AirPods pada bulan September, bersamaan dengan peluncuran iPhone 7. Namun, ketika itu, Apple tidak langsung merilis AirPods ke pasar dan mengatakan, ia akan mulai dikirim pada akhir bulan Oktober. Dan sekarang, tampaknya Apple akan mengumumkan tanggal rilis untuk AirPods.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.