Apple Tutup Divisi Router Nirkabel

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 22 Nov 2016 09:26 WIB
apple
Apple Tutup Divisi Router Nirkabel
Apple dilaporkan menutup divisi router nirkabel miliknya.

Metrotvnews.com: Apple memindahkan insinyur pengembangan AirPort ke divisi Apple TV dan produk lainnya. Laporan ini mengindikasikan bahwa Apple telah menutup divisi pengembangan dan produksi router nirkabelnya tersebut.

Lini AirPort ini diciptakan Apple pada tahun 1999, dan meluncurkan produk pertama tersebut tahun yang sama. Semenjak itu, Apple terus meluncurkan produk router nirkabel. Saat ini, rangkaian produk AirPort yang masih tersedia termasuk AirPort Extreme, AirPort Xpress dan Time Capsule.

Apple belum melakukan update untuk AirPort Express dari generasi sebelumnya yang menggunakan teknologi Wi-Fi 802.11n. Sementara Time Capsule dan Airpott Extreme telah diupdate ke teknologi Wi-Fi 802.11ac, seperti yang dilaporkan Phone Arena.

Selain itu, Apple menghentikan penjualan AirPort Extreme dan Time Capsule dari toko ritel resmi mereka di Amerika Serikat, pada bulan Mei lalu. Hal ini memperkuat indikasi bahwa Apple telah memutuskan untuk menutup divisi router nirkabelnya ini.

Router bukanlah satu-satunya produk yang Apple coba lepaskan. Pada beberapa minggu lalu, perusahaan asal Amerika Serikat ini mengumumkan bahwa akan meninggalkan bisnis monitor, serta tidak akan melakukan update pada produk Thunderbolt atau Cinema Display.

Penutupan sejumlah divisi ini juga mengindikasikan rencana Apple di masa depan. iPhone, iPad, Apple Watch, Mac dan Apple TV menjadi sejumlah produk yang masih akan mendapatkan fokus dari perusahaan yang dipimpin Tim Cook tersebut.

Namun, penutupan sejumlah divisi ini membuka peluang bagi Apple untuk terfokus pada gadget baru, yang dinilai akan lebih menguntungkan dalam jangka waktu panjang bagi Apple.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.