Sambut iPhone 8, Opera Mini versi iOS Terima Perubahan Total

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 07 Sep 2017 12:49 WIB
opera software
Sambut iPhone 8, Opera Mini versi iOS Terima Perubahan Total
Opera baru saja mengumumkan update untuk peramban karyanya yaitu Opera Mini versi iOS.

Metrotvnews.com: Opera mengumumkan peramban versi iOS miliknya telah diperbarui, sebagai bentuk persiapan menyambut peluncuran iPhone 8. Update tersebut berisi perubahan desain secara total untuk meningkatkan pengalaman penelusuran pengguna iPhone.

Versi baru Opera Mini ini dilengkapi dengan tampilan antarmuka pengguna baru, dengan warna bar pencarian dan alamat yang hadir dalam warna merah. Selain itu, bar pencarian telah diperbaiki dengan dukungan opsi untuk memindai kode QR, serta peluang untuk melakukan kostumisasi pada mesin pencarian tersebut.

Versi baru ini juga dilengkapi dengan berita yang menjadi trending topic, ditampilkan di halaman awal sehingga pengguna Opera Mini dapat mengakses seluruh informasi tersebut dengan lebih cepat dan mudah. Tim pengembang juga menghadirkan pengalaman penelusuran lebih efisien dengan memuat artikel lengkap empat kali lebih cepat dari versi sebelumnya.

Perubahan lain yang hadir pada versi terbaru ini adalah dukungan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada newsfeed. Teknologi di balik AI baru ini memberikan pengguna Opera Mini halaman awal lebih terpersonalisasi setiap kali digunakan, berarti pengguna tidak perlu melakukan kustomisasi berulang-ulang.

Newsreader dengan dukungan AI ini telah tersedia sejak Selasa lalu di sejumlah negara seperti Ghana, Kenya, India, Indonesia, Nigeria, Afrika Selatan, Tanzania, dan Amerika Serikat. Opera berencana untuk menghadirkan versi terbaru ini di negra lain seperti Rusia, Pakistan dan Bangladesh.

Pengembang Opera juga mengklaim bahwa update ini merupakan permulaan dari rangkaian perubahan yang akan dihadirkannya pada Opera Mini versi iOS. Hal ini turut mengindikasikan Opera akan menghadirkan lebih banyak perbaikan dalam beberapa bulan mendatang.

Sementara itu sebelumnya, Opera mengumumkan penghentian dukungan untuk salah satu aplikasi Android paling populer karyanya, yaitu Opera Max. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2014 lalu, dan ditujukan untuk memungkinkan pengguna mengelola dan mengurangi penggunaan data.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.