HDD Eksternal Ini Bisa Isi Baterai Laptop Anda

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 12 Apr 2017 17:42 WIB
western digital
HDD Eksternal Ini Bisa Isi Baterai Laptop Anda
WD G-Drive

Metrotvnews.com: Hard disk eksternal berkapasitas besar biasanya membutuhkan sumber tenaga khusus untuk beroperasi.

Namun, berkat teknologi yang terus berkembang, kini beberapa hard disk tidak lagi membutuhkan sumber tenaga selain dari kabel USB yang dihubungkan ke PC atau laptop. Bagaimana jika perannya justru dibalikkan?

Produsen hard disk Western Digital baru-baru ini mengumumkan sebuah hard disk eksternal jenis baru bernama G-Drive. Menggunakan teknologi khusus dan memanfaatkan port USB Type-C, hard disk eksternal ini diklaim bisa mengisi daya baterai laptop Anda. Tentu saja laptop harus mendukung pengisian daya melalui USB Type-C.



Menurut The Verge, teknologi ini memang terbilang unik, namun bisa menjadi solusi bagi Anda yang suka menggunakan laptop seperti MacBook Pro yang tidak memiliki port selain USB Type-C.

Hard disk eksternal WD G-Drive ini dikatakan bisa menghadirkan daya sebesar 45W, cukup untuk mengisi daya baterai laptop yang menggunakan USB Type-C. Dengan demikian, Anda masih bisa melakukan transfer data sambil mengisi daya baterai sekaligus.

Jika laptop Anda masih belum mendukung USB Type-C, hard disk ini juga hadir dengan converter khusus sehingga bisa dihubungkan ke USB Type-A. Tentu saja, fitur pengisian dayanya tidak akan berjalan jika tidak menggunakan USB Type-C. WD G-Drive akan hadir dalam empat varian kapasitas, yaitu 4TB, 8TB dan 10TB. Harganya dibanderol mulai dari USD200 atau sekitar Rp2,6 juta.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.