Peluncuran AMD Vega Mundur Gara-Gara Aktivitas Penambangan Digital?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 04 Aug 2017 17:06 WIB
amd
Peluncuran AMD Vega Mundur Gara-Gara Aktivitas Penambangan Digital?
Radeon RX Vega (foto: istimewa)

Metrotvnews.com: Popularitas kegiatan menambang mata uang digital memang semakin tinggi saat ini. Tingginya minat dalam penambangan mata uang digital seperti Ethereum membuat stok beberapa kartu grafis gaming menjadi habis dikarenakan digunakan untuk kegiatan penambangan mata uang digital.

Tidak hanya itu, maraknya penambangan mata uang digital dikatakan membuat perilisan kartu grafis Radeon Vega tertunda. Menurut wawancara yang dilakukan oleh HardOCP baru-baru ini, pihak AMD mengatakan bahwa kartu grafis Vega yang baru saja dirilis minggu lalu sempat mengalami penundaan perilisan.

Penundaan tersebut dikatakan karena AMD ingin memastikan suplai kartu grafis ini cukup untuk para gamer, terutama di tengah maraknya aktivitaas penambangan mata uang digital saat ini.

"Alasan mengapa kami menunda perilisan Vega adalah karena kami ingin merilisanya dengan jumlah yang cukup di pasar. Tentu saja jumlah tersebut sudah kami kalkulasikan dan sudah termasuk untuk kegiatan penambangan mata uang digital," ujar Senior Director Global Marketing and Public Relation Radeon Technoloies Group, Chris Hook.

Ini adalah kedua kalinya AMD mengakui bahwa suplai kartu grafisnya terganggu oleh kegiatan penambangan mata uang digital. Sebelumnya, CEO AMD, Lisa Su mengatakan adanya peningkatan permintaan kartu grafis dari sisi kegiatan penambangan mata uang digital. Saat itu, Su mengatakan pihaknya akan terus memantau pergerakan kegiatan tersebut.

Kegiatan penambangan mata uang digital mendadak marak setelah munculnya Ethereum. Berbeda dengan Bitcoin yang lebih mudah ditambang melalui hardware ASIC, Ethereum lebih optimal jika ditambang menggunakan GPU. Hal tersebut membuat suplai kartu grafis gaming menjadi langka, terutama untuk model menengah seperti RX 480, RX 580, dan GTX 1060.




(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.