Peluncuran AMD Vega Mundur Gara-Gara Aktivitas Penambangan Digital?

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 04 Aug 2017 17:06 WIB
amd
Peluncuran AMD Vega Mundur Gara-Gara Aktivitas Penambangan Digital?
Radeon RX Vega (foto: istimewa)

Metrotvnews.com: Popularitas kegiatan menambang mata uang digital memang semakin tinggi saat ini. Tingginya minat dalam penambangan mata uang digital seperti Ethereum membuat stok beberapa kartu grafis gaming menjadi habis dikarenakan digunakan untuk kegiatan penambangan mata uang digital.

Tidak hanya itu, maraknya penambangan mata uang digital dikatakan membuat perilisan kartu grafis Radeon Vega tertunda. Menurut wawancara yang dilakukan oleh HardOCP baru-baru ini, pihak AMD mengatakan bahwa kartu grafis Vega yang baru saja dirilis minggu lalu sempat mengalami penundaan perilisan.

Penundaan tersebut dikatakan karena AMD ingin memastikan suplai kartu grafis ini cukup untuk para gamer, terutama di tengah maraknya aktivitaas penambangan mata uang digital saat ini.

"Alasan mengapa kami menunda perilisan Vega adalah karena kami ingin merilisanya dengan jumlah yang cukup di pasar. Tentu saja jumlah tersebut sudah kami kalkulasikan dan sudah termasuk untuk kegiatan penambangan mata uang digital," ujar Senior Director Global Marketing and Public Relation Radeon Technoloies Group, Chris Hook.

Ini adalah kedua kalinya AMD mengakui bahwa suplai kartu grafisnya terganggu oleh kegiatan penambangan mata uang digital. Sebelumnya, CEO AMD, Lisa Su mengatakan adanya peningkatan permintaan kartu grafis dari sisi kegiatan penambangan mata uang digital. Saat itu, Su mengatakan pihaknya akan terus memantau pergerakan kegiatan tersebut.

Kegiatan penambangan mata uang digital mendadak marak setelah munculnya Ethereum. Berbeda dengan Bitcoin yang lebih mudah ditambang melalui hardware ASIC, Ethereum lebih optimal jika ditambang menggunakan GPU. Hal tersebut membuat suplai kartu grafis gaming menjadi langka, terutama untuk model menengah seperti RX 480, RX 580, dan GTX 1060.




(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

1 day Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /