Acer Pamerkan Aspire 3 dengan Ryzen 3 untuk Kelas Pemula

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 26 Jun 2018 16:55 WIB
acerryzen
Acer Pamerkan Aspire 3 dengan Ryzen 3 untuk Kelas Pemula
Acara perkenalan Acer Aspire.

Jakarta: Acer memperkenalkan laptop kelas pemula baru yang menggunakan AMD Ryzen Mobile, Aspire 3.

Product Manager, Acer Indonesia, Suryadi Hiumanbrata menyebutkan bahwa Swift 3, yang diluncurkan pada Februari lalu dan juga menggunakan AMD Ryzen Mobile, mendapatkan respons positif dari kalangan konsumen. 

"Satu keluhan yang ada adalah harganya yang dianggap mahal," kata pria yang akrab dengan panggilan Suryadi ini saat ditemui hari ini, Selasa (26/6/2018).

"Walau sebenarnya, Swift 3 memang masuk ke dalam segmen premium. Karena itu, kami juga memperkenalkan Aspire 3 yang ditujukan untuk pengguna mainstream."

Dari segi prosesor, Aspire 3 menggunakan Ryzen 3, 5, dan 7, yang sudah dilengkapi dengan chip grafis terintegrasi, Radeon Vega. Laptop ini juga sudah mendukung HDD dan SSD di slot terpisah. Dengan begitu, pengguna bisa menggunakan dua storage pada saat yang sama.

Suryadi menjelaskan Aspire 3 juga didesain untuk memudahkan pengguna untuk melakukan upgrade. Pada bagian belakang, Anda akan menemukan pintu kompartemen yang bisa Anda buka untuk memasang SSD.

Sama seperti Swift 3, Aspire 3 juga tidak memiliki discrete GPU atau kartu grafis terpisah. Namun, pihak AMD terlihat yakin dengan performa integrated GPU yang ada dalam Ryzen, Radeon Vega.

Mereka menyebutkan, laptop yang menggunakan Ryzen Mobile tetap bisa digunakan untuk bermain game meski tidak punya discrete GPU. 


Acer Aspire (depan) dan Acer Swift (belakang). 

Dalam acara yang diadakan di Grand Indonesia ini, Donnie Brahmandika, Retail Enablement Manager AMD Indonesia melakukan demonstrasi untuk bermain game menggunakan Aspire 3 dengan Ryzen 3. Dia mencoba memainkan game Grand Theft Auto V yang dirilis pada 2015 untuk PC. 

Dengan pengaturan grafik normal dan resolusi 720p, game GTA V bisa dimainkan dengan framerate tidak kurang dari 25 fps. Untuk masalah harga, Acer Aspire 3 Ryzen 3 dihargai mulai dari Rp5.899.000. Sementara varian paling premium, Aspire 3 Ryzen 7 dengan Radeon 535 2GB dihargai Rp 10.999.000. 

Selain performa, hal lain yang dibanggakan oleh Acer dari laptop yang menggunakan Ryzen Mobile adalah penggunaan daya yang hemat.

Mengingat Ryzen Mobile sudah dilengkapi dengan integrated chip grafis, itu artinya konsumsi daya menjadi jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan laptop yang menggunakan prosesor dan discrete GPU.

Suryadi membandingkan laptop dengan Ryzen 3 dengan laptop yang menggunakan Intel Core i3-7130U juga laptop yang menggunakan Core i3-720U NVIDIA MX130.

Berdasarkan benchmark 3DMark Time Spy, performa Ryzen 3 lebih baik dari keduanya. Sementara daya yang diperlukan lebih sedikit. 


Perbandingan performa Ryzen dan Intel Core i3. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.