Jelang Ramadan, Trafik Situs E-Commerce Naik

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 11 May 2018 20:05 WIB
e-commerceshopback
Jelang Ramadan, Trafik Situs E-Commerce Naik
Ilustrasi.

Jakarta: Setiap tahun, konsumsi belanja masyarakat Indonesia menjelang Ramadan selalu naik.

Menurut data dari SimilarWeb, menjelang Ramadan, terjadi peningkatan trafik sebesar 5-10 persen pada situs e-commerce, seperti Lazada, Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan Blibli. Namun, trafik justru stabil selama bulan Ramadan. 

Co-founder dan Country Head of ShopBack Indonesia Yonathan menduga, tahun ini, belanja online akan naik dua kali lipat dari tahun sebelumnya. Trafik ShopBack sendiri mengalami peningkatan hingga 10 persen menjelang bulan puasa. 

"Pergeseran pola perilaku belanja masyarakat ke digital merupakan salah satu faktor penyebab peningkatan transaksi belanja di platform e-commerce," kata Yonathan. "Berdasarkan data terbaru dari Accenture, hampir setengah (43,7 persen) dari pengguna internet Indonesia merupakan pembeli digital."



ShopBack juga melakukan studi pada perilaku belanja masyarakat selama Ramadan di Indonesia dan Malaysia pada tahun lalu. Menurut data tersebut, diketahui bahwa trafik di kedua negara tersebut melonjak hingga 104 persen di Malaysia dan 102 persen di Indonesia pada minggu pertama Ramadan.

Pada minggu ketiga, trafik naik 142 persen di Indonesia, meski trafik lalu turun hingga 56 persen pada minggu terakhir. Selama Ramadan, trafik biasanya mengalami peningkatan dua kali dalam sehari, yaitu pada pukul 10.00-11.00 WIB dan 16.00-17.00 WIB.

Barang yang biasa dibeli oleh masyarakat Indonesia adalah produk fesyen, kebutuhan sehari-hari, juga mainan dan game. Menariknya, meski volume transaksi naik, nilai pembelian dari setiap transaksi tidak berbuah. Rata-rata, masyarakat Indonesia menghabiskan Rp687.726,56.



Menurut data dari Accenture, 74,1 persen pembli digital Indonesia mengatakan bahwa harga murah dan diskon murah mendorong perilaku impulsif untuk melakukan pembelian digital.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.