Brave Buat AI yang Bisa Blokir Iklan Lebih Efektif

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 28 May 2018 12:11 WIB
internet
Brave Buat AI yang Bisa Blokir Iklan Lebih Efektif
Brave gunakan AI untuk blokir iklan dan tracker dengan lebih efektif.

Jakarta: Brave mengembangkan teknologi AI yang disebut AdGraph yang bisa memblokir iklan dengan lebih baik dari teknologi pemblokir iklan yang ada saat ini, ungkap startup itu pada akhir pekan lalu. 

"Kami bisa melatih model pembelajaran mesin untuk secara otomatis memblokir iklan dan tracker," kata para peneliti dari Brave dan empat universitas dalam sebuah laporan penelitian.

"Kami menemukan bahwa AdGraph meniru perilaku filter iklan yang datanya didapat dari masyarakat umum dengan tingkat akurasi 97,7 persen. 

"Selain itu, AdGraph juga bisa mendeteksi iklan dan tracker yang tidak terdeteksi oleh daftar filter iklan dalam jumlah yang cukup signifikan."

Seperti yang disebutkan oleh CNET, ekstensi pemblokir iklan pada peramban seperti Adblock Plus kini biasanya menggunakan daftar filter iklan yang diperbarui secara manual untuk menentukan komponen iklan dalam sebuah situs.

Sementara pendekatan AdGraph menggunakan kecerdasan buatan, yang dilatih dengan situs nyata. Dengan begitu, AI itu bisa melacak iklan dan tracker bahkan sebelum manusia menyadarinya. 

Pemblokir iklan adalah ancaman besar bagi layanan internet yang menggantungkan diri pada iklan dan memberikan layanannya secara gratis.

Namun, iklan online -- yang terkadang bisa mengganggu, menurunkan performa komputer dan ponsel atau bahkan digunakan untuk mengirimkan malware -- popularitasnya mulai menurun. 

Sekitar 615 juta orang menggunakan pemblokir iklan di komputer dan perangkat mobile, menurut PageFair, perusahaan yang membantu pembuat konten situs untuk menghindari iklannya diblokir agar mereka bisa mendapatkan keuntungan dari iklan. 

Salah satu pendiri Brave adalah mantan bos Mozilla, Brendan Eich. Brave memblokir iklan dan software yang melacak kebiasaan pengguna.

Perusahaan ini ingin merombak industri iklan dengan membuat iklan yang dikustomisasi tapi tidak membocorkan data pribadi seseorang keluar dari peramban. Untuk melakukan itu, Brave harus memiliki sistem efektif untuk memblokir iklan dan tracker


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.