Toshiba dan Western Digital Buat Fasilitas Riset Baru

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 26 Sep 2018 15:18 WIB
western digitalToshiba
Toshiba dan Western Digital Buat Fasilitas Riset Baru
Fasiltas di dalam Fab 6.

Jakarta: Demi bisa terus bersaing di pasar komponen sekaligus menjadi penyupai 3D flash memory, belum lama ini pihak Toshiba Corporation bersama Western Digital mengumumkan pembukaan fasilitas riset dan manufaktur barunya untuk pasar Asia.

Kedua perusahaan mengatakan, fasilitas manufaktur dan riset bernama Fab 6 ini didirikan di Jepang, tepatnya di kota Yokkaichi, Prefektur Mi. Di sebelah fasilitas tersebut, terdapat pusat riset dan pengembangan baru.

Kemarin, fasilitas Fab 6 diresmikan untuk mulai beroperasi setelah dibangun sejak Februari 2017. Toshiba Memory dan Western Digital telah memasang peralatan manufaktur tercanggih untuk proses-proses produksi utama, termasuk deposition dan etching.

Produksi massal dari 3D flash memory 96-layer yang memanfaatkan fasilitas baru tersebut telah dimulai sejak awal bulan ini. Menurut kedua perusahaan, ini didorong oleh permintaan komponen memory 3D flash yang terus naik untuk server-server enterprise, data center dan juga smartphone.

"Kami bersemangat dengan kesempatan untuk memperluas pasar untuk 3D flash memory generasi terbaru kami. Fab 6 dan Pusat R&D Memory membuat kami bisa mempertahankan posisi sebagai pemain terdepan pada pasar 3D flash memory," ungkap President & CEO Toshiba Memory Yasuo Naruke.

Pihak Toshiba bersama Western Digital mengklaim, mereka akan terus mengembangkan dan memperluas bisnisnya dalam industri memori dengan secara aktif mengembangkan berbagai inisiatif yang bertujuan untuk memperkuat daya saing dan membuat pengembangan 3D flash memory menjadi lebih canggih.

"Kami memproduksi 3D NAND 96-layer ini untuk menjawab berbagai permintaan dari semua segmen pasar, dari konsumer dan aplikasi mobile hingga pusat-pusat data cloud. Fab 6 adalah fasilitas canggih yang akan membuat kami bisa terus berkembang sebagai pemimpin dalam hal teknologi di industri memori," tambah CEO Western Digital Steve Milligan.


(ELL)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.