Telkomsel Bawa MyBusiness Store untuk UKM

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 23 Jul 2018 14:36 WIB
telkomsel
Telkomsel Bawa MyBusiness Store untuk UKM
Telkomsel menghadirkan layanan toko digital penyedia solusi untuk usaha kecil menengah.

Jakarta: Telkomsel mengumumkan upayanya dalam mendukung perkembangan usaha kecil menengah (UKM) di Indonesia, dengan menghadirkan toko digital bertajuk Telkomsel MyBusiness Store.

"Kami melihat bahwa layanan digital memberikan berbagai keuntungan bagi sektor industri UKM, namun pada kenyataannya banyak pelaku usaha UKM yang mengalami kesulitan dalam menemukan penyedia solusi bisnis berkualitas yang ideal bagi usaha mereka," ujar Vice President Enterprise Mobile Product Marketing Telkomsel Arief Pradetya.

Hal tersebut melandasi Telkomsel menghadirkan layanan yang menawarkan sejumlah solusi ditujukan untuk memajukan usaha pelaku UKM ini. Sejumlah solusi tersebut termasuk  komunikasi seluler khusus UKM, didukung oleh produk milik Telkomsel.

Sementara itu solusi lainnya, dijelaskan Arief, merupakan hasil kolaborasi Telkomsel dengan sejumlah mitra, yang dinilainya lebih berkompeten dalam menyuguhkan layanan terkait yang dibutuhkan pelanggan.

Solusi lainnya termasuk layanan internet, email, penyimpanan dan kolaborasi, layanan pembuatan toko online profesional, kasir online, akuntansi online, pengelolaan karyawan, serta solusi khusus seperti solusi manajemen untuk klinik.

Toko digital ini menyediakan layanan berbasis cloud, sehingga diklaim akan menghadirkan kemudahan dan konsumsi dana lebih hemat jika dibandingkan dengan berlangganan solusi secara langsung.

Konsumsi dana lebih hemat dapat dinikmati pengguna, karena tidak perlu berinvestasi besar pada hardware atau software, sebab seluruh layanan dapat diakses via cloud sehingga proses implementasi diklaim juga lebih cepat, tanpa harus mempekerjakan teknisi khusus.

Selain itu, layanan pada Telkomsel MyBusiness Store ini juga ditawarkan dengan metode berlangganan per bulan. Sehingga pengguna tidak perlu membayarkan biaya dalam jumlah besar di awal penggunaan, diklaim akan meringankan beban biaya UKM yang umumnya masih beranggaran terbatas.

Sebagai informasi, saat ini Telkomsel telah bekerja sama dengan sejumlah perusahaan teknologi besar maupun lokal, seperti Microsoft, Google, Jarvis, MOKA, Gadijan, e-accounting dan Trustmedis sebagai penyedia layanan di toko digitalnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.