Ini Dia Fitur Baru iOS 10

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 21 Sep 2016 11:26 WIB
apple
Ini Dia Fitur Baru iOS 10
Berikut sejumlah fitur baru pada iOS 10.

Metrotvnews.com, Jakarta: Apple belum lama ini resmi merilis versi terbaru dari sistem operasi untuk perangkat mobile miliknya, yaitu iOS 10. Pada sistem operasi ini, Apple menambahkan sejumlah fitur baru.

Fitur baru tersebut diklaim Apple memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan diri mereka dengan lebih baik. Selain itu, iOS 10 hadir dengan tampilan ikon bergaris desain lebih sederhana tapi terkesan lebih ceria, menghadirkan kenyamanan tersendiri saat dipandang.

Pada iOS 10, Apple membekali sistem operasinya dengan kehadiran fitur Handwritings pada aplikasi iMessage. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan pesan yang ditulis tangan atau membubuhkan tanda tangan pada percakapan. Fitur ini dapat diakses melalui tombol khusus di sebelah tombol akses angka.



Selain itu, pada aplikasi iMessagge di iOS 10, pengguna juga dapat memberikan respon secara langsung pada pesan yang diterima. Hal ini dapat dilakukan dengan menekan pesan selama beberapa saat hingga opsi respon muncul. Setelah itu, pengguna dapat memilih respon sesuai dengan keinginan.

Pengguna juga dapat menambahkan sentuhan personal pada pesan di iMessage melalui fitur editing untuk pesan video. Fitur ini memungkinkan pengguna menciptakan video dengan menambahkan sejumlah efek pada foto atau video yang dipilih melalui Photos atau merekamnya secara langsung. Fitur ini memanfaatkan tap atau ketukan untuk menampilkan efek tertentu.

Pengguna iOS 10 juga dapat memanfaatkan teknologi 3D Touch untuk mengakses informasi secara singkat pada aplikasi seperti Calendar, Weather, dan Stocks. Untuk dapat memanfaatkan teknologi ini, pengguna perlu mendaftarkan sidik jari terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan melalui jendela pop-up yang muncul saat perangkat baru diaktifkan atau melalui Settings dan Touch ID & Pasccode.

Sistem operasi terbaru ini juga dibekali dengan sistem keamanan baru, memungkinkan pengguna memanfaatkan Touch ID sebagai kunci untuk mengakses perangkat. Pengguna juga dapat menggunakan passcode yang juga telah tersedia pada sistem operasi versi sebelumnya.



Selain itu, iOS 10 juga membekali Siri dengan kemampuan baru, yaitu mengakses aplikasi. Namun, kemampuan ini hanya dapat dimanfaatkan pengguna pada aplikasi yang diunduh melalui App Store. Salah satunya adalah memesan kendaraan dari aplikasi layanan transportasi online seperti Uber.

Meskipun begitu, pengguna tetap harus menyesuaikan alamat secara manual sebab Siri masih belum mengenali sejumlah lokasi di Jakarta.

Secara keseluruhan, pengguna perangkat iOS 10 disuguhi dengan tampilan baru pada aplikasi Music. Aplikasi ini hadir dengan opsi lebih sedikit pada bar di bagian bawah layar. Ia juga akan mengelompokan musik ke dalam folder berdasarkan genre musik atau lagu dan video yang baru ditambahkan.

Fungsi baru lain yang memudahkan pengguna dalam pengunaan sehari-hari adalah kemampuan menutup jendela situs yang terbuka pada peramban Safari secara bersamaan. Pengguna dapat memanfaatkan fungsi ini dengan mengakses menu page management -- yang diwakili oleh ikon kertas bertumpuk -- dan menekan tombol Done hingga muncul opsi New Tab dan Close Tabs.


(MMI)

Video /