Penggemar Berat iPhone Mulai Berkurang

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 19 Sep 2016 08:30 WIB
iphone 7
Penggemar Berat iPhone Mulai Berkurang
Salah satu fitur yang diperbaiki pada iPhone 7 adalah kamera. (AP Photo / Marcio Jose Sanchez)

Metrotvnews.com: Para pekerja Apple dengan antusias membuka Apple Store yang ada di berbagai belahan dunia -- mulai dari San Francisco hingga Shanghai -- untuk penjualan perdana iPhone 7 dan 7 Plus.

Namun, terlihat jelas bahwa kerumunan calon pembeli lebih sedikit dari tahun lalu. 

Seperti yang disebutkan oleh TIME, setiap tahun, fans Apple akan berkumpul di depan Apple Store untuk menjadi orang pertama yang membeli iPhone terbaru. Minggu lalu, perusahaan asal Cupertino itu melaporkan bahwa iPhone 7 Plus telah terjual habis, membuat sebagian orang yang rela untuk menginap di depan Apple Store untuk pulang.

Satu hal yang pasti, keberadaan toko online merupakan salah satu alasan mengapa jumlah orang yang mengantre di depan Apple Store mulai menipis. Di Tiongkok, orang-orang yang mengantre di depan Apple Store hanyalah mereka yang telah membeli secara online dan hendak mengambil iPhone baru mereka.

Namun, di pasar seperti Tiongkok, dari segi pembelian online, terlihat bahwa ketertarikan konsumen terhadap iPhone juga mulai menurun, seiring dengan semakin baiknya desain smartphone merek lokal. 

Wu Ting, seorang berumur 28 tahun dari Nanjing, mengaku terkejut karena menjadi orang pertama yang mengantre di hadapan Apple Store di Shanghai di hari Jumat lalu, yang merupakan hari libur di Tiongkok.

"Tahun lalu, ada kerumunan orang, tapi tahun ini, hampir tidak ada orang. Saya pikir saya harus menunggu lama sebelum saya mendapatkan giliran saya," kata Wu.

Apple menumpukan harapan besar pada iPhone 7, mengingat penjualan iPhone menurun selama 2 kuartal di tahun ini, yang merupakan penurunan pertama dalam sejarah. iPhone merupakan produk utama Apple. Ia memberikan kontribusi lebih dari setengah penghasilan perusahaan.

Turunnya penjualan iPhone membuat sebagian orang menduga bahwa laporan keuangan Apple tahun ini akan mengecewakan, karena iPhone terbaru tidak memiliki perubahan yang mencolok. Tiongkok akan menjadi pasar kunci untuk Apple. Kesuksesan iPhone 6 di Tiongkok berhasil membuat Apple memecahkan rekornya sendiri di tahun 2014.

Namun, selama periode April - Juni, penjualan Apple di Tiongkok menurun hingga satu per tiga meski di tahun sebelumnya, penjualan mereka naik hampir dua kali lipat. Pangsa pasar Apple juga menurun hingga 7,8 persen, menempatkan Apple di posisi ke-5, kalah dari para pesaing lokal seperti Huawei, Oppo dan Vivo.

"Dari Steve Jobs hingga Tim Cook, Apple tidak pernah memiliki strategi marketing yang dibuat khusus untuk Tiongkok," kata Zhou Shanggui, konsultan strategi yang bermarkas di Beijing.

"Apple berisiko kehilangan lebih banyak pangsa pasar jika mereka tidak menyesuaikan diri dengan tuntutan lokal, baik dari segi marketing atau desain produk."

Meskipun begitu, peluncuran iPhone 7 tetap disambut dengan baik oleh sebagian orang. Ialah Marcus Barsoum, seorang 16 tahun yang mengaku sebagai penggemar berat Apple. Dia bahkan rela menghabiskan 2 malam di depan toko Apple di Sydney.

Selain Barsoum, di pagi hari peluncuran iPhone 7, sekitar 200 orang berkumpul untuk menjadi orang pertama yang memiliki iPhone 7.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

3 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /