Pengguna Instagram Bisa Berbagi Stories di WhatsApp

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 05 Jan 2018 14:42 WIB
instagramwhatsapp
Pengguna Instagram Bisa Berbagi Stories di WhatsApp
Facebook tengah menguji fitur Instagram Stories untuk dapat dibagikan ke WhatsApp Status langsung dari aplikasi.

Jakarta: Instagram Stories, dirancang sebagai pesaing  Snapchat, mengalami pertumbuhan popularitas signifikan sejak pertama kali diumumkan pada Maret 2017 lalu. Sebelum Instagram, fitur Stories awalnya dihadirkan pada aplikasi utama Facebook.

Fitur ini mendapatkan sambutan lebih baik saat diperkenalkan pada aplikasi Instagram. Hingga saat ini, popularitas Instagram Stories dilaporkan telah melampaui Snapchat, dan tercatat memiliki 300 juta pengguna aktif harian hingga bulan November 2017 lalu.

Upaya Facebook dalam mendorong pengembangan fitur berformat serupa dilaporkan belum akan berhenti. Sebab saat ini, Facebook tengah bereksperimen guna memungkinkan unggahan Instagram Stories juga diunggah di WhatsApp, di Brasil.

Menurut Tech Crunch, sebagai penerima konfirmasi resmi dari Facebook, fitur ini tengah diujikan pada pengguna terbatas di Brasil. Facebook juga menyebut berencana untuk menggulirkan fitur ke lebih banyak pengguna pada akhir tahun ini.

Pengguna pemilik akses ke fitur tersebut akan dapat membangikan Instagram Stories secara langsung ke WhatsApp, sebagai WhatsApp Status. Stories tersebut akan dilindungi dengan metode enkripsi serupa yang digunakan di WhatsApp dan akan menghilang setelah 24 jam.

Fitur ini berbasis kemampuan WhatsApp untuk terintegrasi dengan aplikasi lain. Pengguna dapat membagikan Stories mereka dengan mengetuk tombol Share di Instagram, pilih WhatsApp dan mengetuk tombol Send untuk menerbitkan Story.

Hingga saat ini belum tersedia informasi terkait waktu peluncuran fitur tersebut untuk pengguna di seluruh dunia. Sejumlah pihak memperkirakan fitur ini akan dirilis pada akhir tahun 2018 mendatang.

Sebelumnya, Instagram juga mengumumkan fitur baru, menampilkan unggahan dari pengguna lain yang direkomendasikan. Instagram mulai menguji fitur baru tersebut pada awal bulan ini, dan meluncurkannya secara diam-diam.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.