Pesaing Uber di India Rilis Layanan Sepeda ala Tiongkok

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 03 Dec 2017 14:32 WIB
startup
Pesaing Uber di India Rilis Layanan Sepeda ala Tiongkok
Ola merilis layanan rental sepeda berbasis online seperti yang sudah populer di Tiongkok.

Jakarta: Pesaing Uber di India,  Ola baru saja merilis layanan yang serupa di Tiongkok, rental sepeda lewat perangkat smartphone.

Ola merupakan startup penyedia layanan moda transportasi online seperti Uber. Setelah mendapatkan pendanaan sebesar USD1,1 miliar atau Rp14 triliun dari Tencent, kini mereka merilis layanan rental sepeda, dilaporkan Tech Crunch.

Dengan sistem yang masih serupa seperti di Tiongkok, layanan rental sepeda Ola diberi nama Ola Pedal. Jika di Tiongkok layanan ini sudah melakukan ekspansi ke berbagai kota, Ola memilih menghadirkan layanannya khusus untuk kampus.

Pertama pengguna bisa mengakses layanan Ola lewat aplikasi di smartphone. Pengguna bisa melacak posisi sepeda Ola Peda terdekat dari mereka. Kemudian pengguna bisa memasukkan kode unik yang ada di sepeda ke aplikasi sehingga kunci sepeda terbuka.

Jika sudah selesai digunakan pengguna cukup menaruh sepeda tersebut dimana saja atau di titik pengumpulan sepeda. 



Meskipun begitu masalah yang menghantui layanan rental sepeda seperti ini sudah menghantui lebih dulu. Di Tiongkok, layanan rental sepeda Bluegogo bangkrut setelah sudah hadir di ratusan kota. Alhasil armada sepeda yang ada harus dikumpulkan untuk dimusnahkan layaknya tumpukan sampah.

Hal ini juga terjadi di trotoar negara tersebut. Pengguna layanan ini dengan sembarangan menaruh sepeda yang sudah digunakan sehingga justru menambah masalah. Kini di Tiongkok ada dua startup besar yang menyediakan rental sepeda yaitu Ofo dan Mobike yang sudah ekspansi hingga ke benua Amerika dan Eropa.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /