Apple Harus Bayar Pajak Rp208 Triliun ke Irlandia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 05 Dec 2017 12:33 WIB
apple
Apple Harus Bayar Pajak Rp208 Triliun ke Irlandia
Apple diminta untuk membayar pajak ke Irlandia. (Bloomberg via Getty Images)

Jakarta: Pada Agustus 2016, Komisi Eropa menetapkan bahwa Apple harus membayar pajak pada Irlandia sebesar EUR13 miliar (Rp208,5 triliun) karena mengemplang pajak sejak 2003 sampai 2014.

Menurut Uni Eropa, Apple bisa menghindari membayar pajak karena membuat perjanjian dengan pemerintah Irlandia. The Wall Street Journal melaporkan, Apple akan mulai membayar pajak tersebut "paling cepat awal tahun depan."

Menteri Keuangan Irlandia, Paschal Donohoe mengaku bahwa Apple dan Irlandia berencana untuk memasukkan pembayaran pajak tersebut ke akun escrow -- rekening sementara yang dibuat sampai sebuah ketentuan tercapai.

Apple akan mulai membayar pajak pada Irlandia pada Q1 2018. Dana yang Apple bayarkan akan didiamkan sementara Apple dan Irlandia mengajukan banding atas keputusan Uni Eropa di pengadilan. 

Meskipun Komisi Eropa telah menetapkan bahwa Apple harus membayar pajak pada Irlandia, pemerintah Irlandia menolak untuk menerima uang tersebut.

Irlandia secara strategis menetapkan tingkat pajak rendah untuk mendorong investasi dari perusahaan asing. Alhasil, perusahaan-perusahaan seperti Apple memanfaatkan Irlandia untuk menghindari pajak. 

Dengan membuat divisi dan perusahaan tempurung atau shell company di Irlandia, Apple bisa menekan pembayaran pajak sehingga mereka hanya harus membayar 0,005 persen dari total keuntungan yang mereka dapatkan di Eropa selama sejak 2003 sampai 2014.

Sementara itu, Apple terus membantah tuduhan dari Uni Eropa. CEO Tim Cook menyebutkan bahwa keputusan Komisioner Uni Eropa sebagai "omongan politik sampah."

Karena Irlandia justru mendukung Apple, maka Uni Eropa membawa pemerintah Irlandia ke Court of Justice Eropa, memaksa mereka untuk meminta Apple membayar pajak. Baik Apple dan pemerintah Irlandia memutuskan untuk mengajukan banding.

Tampaknya, eksekutif Apple ingin mengambil kembali pajak yang mereka bayarkan dan menetap di akun escrow jika mereka menang di pengadilan. 

"Kami telah membuat tim yang akan bekerja dengan serius bersama Irlandia terkait keputusan yang telah ditetapkan oleh Komisi Eropa," kata Apple dalam pernyataan resmi pada WSJ.

"Kami percaya diri, General Court Uni Eropa akan membalikkan keputusan Komisi setelah mereka meninjau semua bukti yang ada."


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /