Banyak Masyarakat Kota Besar Beli Tiket Mudik Secara Online

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 06 Mar 2018 20:24 WIB
e-commerceshopback
Banyak Masyarakat Kota Besar Beli Tiket Mudik Secara Online
Ilustrasi.

Jakarta: Meskipun lebaran jatuh pada bulan Juni, tiket untuk mudik lebaran telah dijual mulai sekarang.

Puncak pembelian tiket mudik diperkirakan akan terjadi sekitar satu atau dua bulan sebelum lebaran, menurut survei yang ShopBack lakukan pada 1.200 responden di empat kota besar seperti Jabodetabek, Surabaya, Medan dan Makassar. 

"Berdasarkan survei ini, sepertiga (33,2 persen) responden mengaku akan membeli tiket mudik lebaran 1-2 bulan sebelum lebaran, 26 persen membeli tiket pada H-7 lebaran, 20,5 persen membeli 2-3 minggu sebelum lebaran dan bahkan 16.7 persen membeli tiket pada 3-4 bulan sebelum lebaran," kata Indra Yonathan, Co-founder dan Country Head ShopBack Indonesia. 

"Alasan responden untuk membeli tiket mudik jauh sebelum lebaran agar tidak kehabisan tiket, serta di waktu tersebut harga tiket dinilai jauh lebih murah.”



Hasil lain yang ShopBack temukan adalah Senin dan Sabtu menjadi hari favorit masyarakat untuk membeli tiket. Sebanyak 29,5 persen responden membeli pada hari Senin, dengan 22,6 persen responden mengaku membeli pada hari Sabtu dan 14 persen pada hari Rabu. 

Berdasarkan survei, sebanyak 75,6 persen responden membeli tiket mudik melalui aplikasi mobile e-commerce. Sementara itu, sebanyak 55,4 persen responden membeli melalui platform e-commerce dan 12,5 persen responden membeli tiket di situs resmi perusahaan penyedia jasa transportasi. 



Sebelum membeli tiket, para responden mengatakan, mereka sering melakukan membandingkan harga terlebih dulu. Selain itu, mereka juga mencocokkan tanggal tiket yang mereka beli dengan jadwal cuti bersama.  

“Beberapa platform e-commerce akan memberikan diskon atau potongan harga yang menarik. Namun tentunya promo-promo tersebut dilakukan pada periode yang terbatas," kata Yonathan.

"Jadi akan lebih baik konsumen dapat melakukan pembelian selagi promo tersebut masih ada.”


(MMI)

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat
Review Smartphone

Samsung Galaxy A9, Si Unik Berkamera Empat

5 days Ago

Samsung mengakhiri tahun 2018 dengan ponsel inovatif dalam hal kamera dengan dukungan empat kam…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.