Kamera Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus Bersaing Ketat

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 04 Oct 2017 15:26 WIB
appleiphonesamsunggalaxy note 8
Kamera Galaxy Note 8 dan iPhone 8 Plus Bersaing Ketat
DxOMark memberikan nilai yang sama untuk kamera iPhone 8 Plus dan Galaxy Note 8. (Macworld)

Metrotvnews.com: DxOMark kini dipercaya untuk menguji kualitas kamera smartphone. Karena itu, mendapatkan label smartphone dengan kamera terbaik dari DxOMark adalah pencapaian tersendiri. Menariknya, kali ini, DxOMark memberikan nilai tertinggi pada 2 ponsel.

DxOMark memberikan smartphone terbaru Samsung, Galaxy Note 8 nilai total 94, sama seperti iPhone 8 Plus buatan Apple. Menariknya, meski nilai keduanya sama, dua ponsel itu memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda, lapor Engadget.

Kelebihan Galaxy Note 8 adalah pada kamera keduanya, membuatnya dapat menghasilkan foto tanpa derau atau noise bahkan dalam pencahayaan minim. Selain itu, ponsel ini juga memiliki autofocus yang sangat cepat. Galaxy Note 8 cocok bagi Anda yang senang mengambil foto portrait atau tidak ingin melewatkan momen penting. 

Sementara itu, iPhone menghasilkan foto HDR yang sangat baik. Tidak hanya itu, ponsel ini memberikan eksposur pada wajah yang akurat serta dapat menghasilkan video yang sangat baik, terutama berkat fitur OIS (Optical Image Stabilization) miliknya. Meskipun begitu, masing-masing ponsel ini juga punya kelemahan tersendiri.

Misalnya, Note 8 menghasilkan foto dengan rentang warna yang relatif terbatas, sehingga dalam keadaan ekstrem, dapat membuat detail foto hilang. Tidak hanya itu, ponsel ini juga punya masalah white balance saat digunakan di dalam ruangan atau dalam keadaan dengan pencahayaan sangat terang.

Sementara iPhone 8 Plus terkadang memiliki masalah dengan autofocus dan tidak selalu memberikan warna yang akurat dalam keadaan cahaya remang-remang. Video yang diambil dalam keadaan remang-remang juga masih menghasilkan derau.

Pertanyannya adalah apakah penilaian DxOMark akan memengaruhi pemilihan konsumen? Kamera memang menjadi faktor penting ketika seseorang memutuskan untuk membeli smartphone baru. Hanya saja, itu bukanlah satu-satunya faktor yang ada.

Selain itu, keputusan untuk memilih ponsel juga bisa ditentukan dari kebiasaan dalam mengambil foto. Orang yang ingin foto dengan rentang warna lebih akurat mungkin akan memilih iPhone 8 sementara orang yang sering mengambil foto di tempat gelap akan lebih memilih Galaxy Note 8. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.