Samsung Sudah Siapkan Memori GDDR6, Sekencang Apa?

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 15 Nov 2017 17:19 WIB
samsunghardware
Samsung Sudah Siapkan Memori GDDR6, Sekencang Apa?
Samsung sudah siapkan memori GDDR6 untuk tahun depan

Metrotvnews.com: Menjelang ajang tahunan Consumer Electronic Show (CES) 2017, Samsung sudah mengumpulkan banyak penghargaan salah satunya adalah memori GDDR6.

Memori yang bakal menggantikan GDDR5 dan GDDR5X tersebut dilaporkan memiliki bandwidth hingga 16Gbps. Tentu saja, memori ini bakal segera menemani berbagai kartu grafis yang dirilis tahun depan.

Menurut PC GAMER, Samsung mengatakan memori GDDR6 barunya kali ini bakal tampil lebih kencang dan hemat daya ketimbang sebelumnya. Sebagai pembanding, GDDR5 memiliki bandwidth hingga 10Gbps.

Samsung dikatakan ingin meningkatkan bandwidth tersebut untuk GDDR6 yaitu sebesar 14Gbps di awal produksi dan hingga 16Gbps jika sudah diproduksi secara masal.

"Memori ini bisa memproses gambar dan video dengan bandwidth hingga 16Gbps. Melalui kecepatan tersebut, secara teori memori ini bsia melakukan transfer data hingga 64GBps atau setara dengan 12 Full HD DVD per detiknya," ujar Samsung.

Memori GDDR6 juga bakal beroperasi dengan daya yang lebih rendah. Dibandingkan dengan GDDR5 yang beroperasi di 1,5V, memori GDDR6 bakal bisa beroperasi di 1,35V.

Tentu saja konsumsi daya yang lebih rendah merupakan salah satu kunci untuk memajukan teknologi modern seperti virtual reality. Jika tidak ada masalah, memori GDDR6 bakal hadir mulai tahun depan di berbagai komponen.


(MMI)