Kantongi Pendapatan Rp215 Triliun, Lei Jun Kirim Surat ke Pegawai

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 08 Feb 2018 18:40 WIB
xiaomi
Kantongi Pendapatan Rp215 Triliun, Lei Jun Kirim Surat ke Pegawai
CEO Xiaomi Lei Jun.

Jakarta: Kemarin, 7 Ferbuari 2018, CEO Xiaomi Lei Jun merilis sebuah surat untuk pegawainya yang bisa dilihat pada situs Xiaomi. Surat ini sebagai ucapan selamat kepada pegawainya karena Xiaomi berhasil mencapai target di 2017.

Dalam surat tersebut Lei Jun menuturkan Xiaomi berhasil memperoleh keuntungan RMB100 miliar atau Rp251 triliun di bulan Oktober lalu. Dia menuturkan prestasi ini tidak dicapai dengan mudah oleh perusahaan lain.

"Tonggak sejarah ini bisa dicapai oleh Apple dalam waktu 20 tahun, Facebook 12 tahun, Google 9 tahun, Alibaba 17 tahun, Tencent 17 tahun, dan Huawei 21 tahun. Kita (Xiaomi) hanya butuh 7 tahun," ungkap Lei Jun.

Dengn prestasi Lei Jun optimistis Xiaomi akan menjadi perusahaan yang bisa masuk dalam daftar Forutne Global 500 tahun ini. Menurutnya kesuksesan Xiaomi ini tidak terlepas dari kesuksesan Xiaomi di pasar smartphone.

Beberapa indikator kesuksesan tersebut menurut Lei Jun di antaranya adalah inovasi yang terus dilakukan, Lei Jun menyebutkan Mi Mix 2 dan prosesor Surge S1 sebagai pencapaian inovasi terbaik Xiaomi dan 24.000 paten yang diajukan oleh Xiaomi.

"Kualitas juga menjadi panduan hidup dalam pengembangan perusahaan. Di tahun 2017 Xiaomi mendirikan Quality Control Committee dan berhasil membawa Xiaomi mendapatkan penghargaan atas kualitasnya," tutur Lei Jun.

Dia juga tidak lupa menyebutkan prestasi membanggakan Xiaomi yang berhasil menjadi penguasa posisi pertama pasar smartphone di India. Dalam rencana di 2018 Lei Jun juga sempat menyebut nama Indonesia dalam suratnya.

Indonesia bersama India dan Vietnam disebut sebagai pasar global yang akan menjadi fokus utama Xiaomi di 2018, karena dipandang memiliki kesempatan berkontribusi bagi Xiaomi untuk bertumbuh.

"Pasar Tiongkok juga menjadi fondasi Xiaomi. Tiongkok adalah pasar terbesar di dunia untuk perangkat consumer electronics. Oleh sebab itu, dengan menguasai pasar domestik maka Xiaomi bisa memiliki bekal melakukan ekspansi global," jelas Lei Jun.

Dia menyebutkan bahwa dengan berhasil hadir di 70 negara ini hanya menjadi tahap awal bagi Xiaomi. Lei Jun mengakhiri kalimatnya dengan mengatakan bahwa apabila Xiaomi bisa memenangkan pasar Tiongkok maka Xiaomi juga bisa menguasai pasar di seluruh dunia.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.