Oculus Go Jadi Kunci Keberhasilan Perangkat VR di Masa Depan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 13 Oct 2017 07:29 WIB
facebookmark zuckerbergvirtual reality
Oculus Go Jadi Kunci Keberhasilan Perangkat VR di Masa Depan
CEO Facebook, Mark Zuckerberg, saat memperkenalkan Oculus Go.

Metrotvnews.com: Facebook mengumumkan kehadiran perangkat VR dari Oculus bernama Oculus Go, versi ringkas sekaligus canggih dari Oculus Rift.

Dikutip dari Mashable, perangkat VR ini akan dijual dengan harga yang sangat murah yakni USD199 atau Rp2,6 juta-an. Oculus Go memiliki sudut pandang lebar sama seperti Oculus Rift. Tentu saja, perangkat ini bekerja tanpa membutuhkan smartphone sebagai layarnya, sebab Oculus Go sudah dilengkapi layar LCD beresolusi WQHD 2560 x 1440 yang diklaim lebih baik dari layar OLED.

Di balik kemampuan yang setara Oculus Rift serta kompatibel dengan beragam aplikasi VR, perangkat ini juga dilengkapi dengan sebuah stick controller. Pengguna tidak perlu menggunakan earphone, sebab Oculus Go sudah dilengkapi dengan built-in spatial audio.

Sebenarnya, Oculus Go akan menjadi kunci dari keberhasilan perangkat VR di masa depan. CEO Facebook, Mark Zuckerberg, tentunya ingin layanannya menjadi media sosial pertama yang menggunakan VR untuk berkomunikasi.



Oculus Go membantu perangkat VR lebih populer di pasar. Teknologi VR memang sudah mulai banyak diketahui, tetapi jumlah penggunanya masih sedikit. Kehadiran Oculus Go sebagai perangkat dengan teknologi VR secanggih Oculus Rift akan membuat semakin banyak orang bisa merasakan pengalaman VR terbaik.

Perangkat ini juga menjadi inovasi di dunia VR sebab Oculus Go bisa berfungsi tanpa harus terintegrasi dengan smartphone. Oculus Go didesain sebagai standalone device, sehingga perangkat VR tidak identik dengan rasa berat yang menggantung di depan wajah penggunanya.

Dampak lain dari hal tersebut, tentu saja sangat menguntungkan konsumen. Artinya, konsumen tidak perlu membeli smartphone dengan spesifikasi kelas middle-high yang bisa menjalankan aplikasi VR. Pengguna tidak perlu mengeluarkan uang lebih untuk membeli smartphone sekaligus perangkat VR. 

Bagi developer atau pengembang aplikasi VR, teknologi Oculus Go tergolong sudah sangat matang seperti Oculus Rift, sehingga mendukung beragam aplikasi VR yang diciptakan, mulai dari yang sederhana dan kompleks. Tidak salah jika Oculus Go dianggap membuka babak baru perkembangan teknologi VR.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /