Tim Cook: Konsumen Butuh Perlindungan Lebih

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 25 Mar 2018 08:43 WIB
apple
Tim Cook: Konsumen Butuh Perlindungan Lebih
Tim Cook menyampaikan tanggapannya terkait dengan kebocoran data yang dialami pengguna Facebook.

Jakarta: CEO Apple Tim Cook menyebut konsumen membutuhkan perlindungan lebih baik, dan Apple telah mengkhawatirkan insiden yang melibatkan data personal konsumen yang diberikan tanpa benar-benar memahami cara penggunaan data tersebut.

Hal ini disampaikan Cook pada ajang tahunan China Development Forum di Beijing, Tiongkok. Cook juga menyebut bahwa terdapat informasi tertentu tidak seharusnya tersedia untuk digunakan sebagai cara membangun profil psikologis.

Kemampuan mengetahui hal yang ditelusuri pengguna bertahun-tahun, orang lain yang dikontak, kontak yang disimpan, kesukaan dan ketidaksukaan serta informasi intim dan detil lain, dinilai Cook tidak seharusnya pernah tersedia.

Sebagai informasi, insiden kebocoran data yang dihimpun dari 50 juta pengguna Facebook dilaporkan digunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab untuk menemukan kriteria perilaku dan personalitas tertentu, termasuk partai politik yang didukung oleh pengguna tersebut.

Pemimpin Apple ini juga mengungkap pendapatnya terkait dengan pembebanan tarif Amerika Serikat pada produk import Tiongkok tertentu, serta pembalasan Tiongkok.

Cook menyebut negara yang menganut keterbukaan adalah terkecuali dan tidak demikian dengan negara yang tidak menganutnya.

Cook juga menyebut hal ini hanya menyoal kesepakatan antara kedua pihak, dan berjanji menghadapi dan mendukung hal tersebut dengan tenang.

Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat belum mengumumkan produk yang terkena dampak dari peningkatan tarif sebesar 25 persen tersebut.

Peningkatan tarif 25 persen ini menjadi hal yang dikhawatirkan sejumlah produsen smartphone yang melakukan perakitan di Tiongkok, termasuk Apple iPhone, dapat mendorong peningkatan harga secara signifikan.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.