Beli Saham, Tencent Jadi Penyelamat Pencipta Snapchat

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 09 Nov 2017 17:33 WIB
snapchat
Beli Saham, Tencent Jadi Penyelamat Pencipta Snapchat
Kepopuleran Snapchat rupanya tidak cukup menguntungkan bagi finansial perusahaan induknya, Snap Inc.

Metrotvnews.com: Tencent pantas dianggap sebagai pahlawan, setelah membeli sebagian saham pemilik Snapchat, Snap Inc..

Dilaporkan Reuters, dalam pengumuman finansial kuartal ke-3 tahun ini, Snap Inc. menyatakan bahwa perusahaan tersebut belum juga menghasilkan profit yang diharapkan.

Kondisi tersebut salah satunya juga disebabkan kacamata berkamera buatan mereka, Spectacles rupanya tidak cukup laku dan membuat kerugian sebesar USD40 juta (Rp541 miliar).

Saham Snap Inc. merosot sebanyak 16 persen menjadi USD12,67. Padahal ketika mereka mereka pertama kali membuka sahamnya untuk publik di bulan Maret, harga saham Snap Inc. masih USD17. Tencent pun hadir dengan membeli 12 persen saham Snap Inc. dengan nilai sekitar USD1,7 miliar.

Pembelian saham tersebut dianggap sebagai langkah investasi ketimbang akuisisi atau usaha Tencent untuk memiliki Snapchat sepenuhnya. Artinya, pembelian saham tersebut bukan langkah Tencent untuk melahap Snapchat ke dalam layanan media sosial WeChat miliknya yang menguasai seluruh daratan Tiongkok.

"Pembelian saham yang dilakukan Tencent merupakan invetasi minor atau kecil, belum bisa diartikan sebagai usaha Tencent mengakuisisi Snap Inc. sepenuhnya," ungkap analis saham dari Wedbush Securities, Michael Patcher.

Pihak Snap Inc. menyebutkan Presiden Tencent, Martin Lau, sangat senang bisa bekerjasama dengan prusahaannya dan ingin lebih jauh melihat perkembangan inovasi dari Snapchat yang mereka miliki. 


(MMI)