Lazada Manfaatkan Big Data untuk Perbaiki Pengalaman Berbelanja Konsumen

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 14 Mar 2016 20:21 WIB
lazada
Lazada Manfaatkan Big Data untuk Perbaiki Pengalaman Berbelanja Konsumen
Lazada akan meningkatkan pengalaman berbelanja dengan memanfaatkan tren big data.

Metrotvnews.com, Jakarta: Lazada Group mengumumkan rencananya untuk memperbaiki pengalaman belanja konsumen dengan memanfaatkan tren big data. Hal ini Lazada umumkan bersamaan dengan pemberitahuan mengenai perayaan ulang tahun ke-4 hari ini, Senin (14/3/16), di Plaza Agro Kuningan.

"Lazada akan terus berinvestasi secara berkelanjutan pada platform kami dan memastikan pelanggan dapat merasakan pengalaman berbelanja, khususnya melalui Lazada Indonesia," ujar Chief Strategy Officer Lazada Group, Magnus Ekbom.

SVP, Head of Data Science, John Berns, menjelaskan, Lazada telah dan akan melanjutkan pemanfaatan tren big data untuk lebih memahami pelanggan melalui pola pembelian dan pola browsing. Tren ini, lanjut Berns, juga bermanfaat untuk mengoptimalkan platform sehingga lebih efisien.

Dalam acara ini, Ekbom juga mengungkap, pendapatan GMV (Gross Merchandise Volume) tahunan Lazada - yang berasal dari enam cabang Lazada yaitu di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam - bernilai USD1,3 miliar. Dari total pendapatan ini, aplikasi mobile berkontribusi sebesar 60 persen hingga awal 2016.

Lazada juga berencana untuk memperluas cakupan wilayah terkait fokusnya dalam mempercepat layanan logistik di empat kota besar di Indonesia selain Jakarta, yaitu di Medan, Yogyakarta, Bandung dan Surabaya. Percepatan ini salah satunya diwujudkan dengan pendirian gudang di Surabaya.

Hingga akhir 2015, Lazada telah mengoperasikan 10 gudang, lebih dari 80 pusat distribusi, dan armada last-mile Lazada Express. Dalam pengembangan logistiknya, Lazada telah bekerja sama dengan lebih dari 100 perusahaan logistik di berbagai wilayah cakupannya.


(MMI)

Video /