ForuMedsoSehat Ingin Bantu Netizen Bijak Memilah Berita

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 16 Dec 2018 17:10 WIB
teknologi
ForuMedsoSehat Ingin Bantu Netizen Bijak Memilah Berita
ForuMedsoSehat bertujuan membantu pengguna media sosial lebih bijak mencerna informasi.

Jakarta: Media sosial yang kian menjadi bagian penting dalam penyebaran informasi, seringkali disalahgunakan untuk mendistribusikan informasi yang tidak benar. Sementara itu, kurangnya kesadaran pengguna untuk melakukan konfirmasi mendorong popularitas informasi tersebut.

Sebab, informasi dinilai menjadi percakapan populer akibat didorong oleh jumlah pengguna yang berpartisipasi, dengan membagikan ulang. Media sosial juga kerap kali menjadi sumber bahan pemberitaan bagi media, mendorong terbentuknya ForuMedsoSehat.

“Forum ini secara berkala akan memberikan hasil pengamatan dari percakapan terpopuler di media sosial, salah satunya Twitter. Siapa pemainnya, kontennya, perilaku seperti apa, apakah dimainkan kelompok tertentu,” Ujar Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia, Romanus Sumaryo.

Hasil pengamatan, kurasi dan analisis yang dibagikan tersebut ditujukan agar pengguna internet, terutama media sosial, untuk lebih bijaksana dalam memilah, mencerna dan mengelola informasi yang disebarkan via media sosial.

Selain itu, forum ini juga untuk membantu pengguna agar lebih berhati dalam menggunakan media sosial, serta memanfaatkan media sosial tersebut untuk berbagai kegiatan yang positif.

Sementara itu, informasi yang menjadi percakapan populer saat ini disebut Co-Founder dan Chief Business Development GDILab.com, Jefri Dinomo, umumnya merupakan komunikasi satu arah.

Artinya, pengguna media sosial umumnya hanya meneruskan informasi tanpa berkomentar guna menciptakan percakapan dua arah.

Jeffry menyebut, percakapan yang baik seharusnya merupakan percakapan dua arah, dengan pengguna menyampaikan komentar dan informasi yang telah terverifikasi, guna menghindari kesalahpahaman informasi yang berkembang semakin besar.

Meskipun demikian, percakapan populer secara dua arah menjadi hal yang diincar oleh merek. Sebab, melalui percakapan populer tersebut, merek dapat memperoleh pengetahuan mendalam terkait masyarakat yang berpotensi menjadi konsumen mereka.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.