Jumlah Lansia Meningkat, Singapura Ingin Kursi Roda Otonom

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 04 Oct 2016 09:07 WIB
teknologi
Jumlah Lansia Meningkat, Singapura Ingin Kursi Roda Otonom
Ilustrasi. (Shutterstock)

Metrotvnews.com: Pemerintah Singapura mendorong para pelaku bisnis untuk mengembangkan kursi roda otonom yang dapat membawa penggunanya tanpa perlu didorong.

Pengumuman ini datang dari Mark Lim, pemimpin divisi layanan digital dan pengembangan komersil Singapura.

Menurut GovInsider, proyek ini akan berjalan hingga Maret 2017. Ia akan memanfaatkan computer vision, robotika, dan pembelajaran mesin untuk membuat kursi roda yang bisa membawa pasien ke berbagai tempat di rumah sakit.

Lim berkata bahwa "kita punya pekerja kesehatan yang terbatas". Lebih lanjut, dia berkata, "Para suster punya pekerjaan lain yang lebih penting dari sekadar mendorong pasien di kursi roda."

Engadget melaporkan, apa yang Singapura coba lakukan bukanlah sekadar karena pemerintahnya berusaha untuk membuat hidup menjadi lebih mudah dengan robotik.

Laporan dari World Bank menyebutkan bahwa negara-negara Asia Timur, khususnya Singapura, Korea Selatan dan Jepang, akan menghadapi krisis umur yang serius. Nantinya, jumlah populasi yang berumur 65 tahun atau lebih, dan mereka yang membutuhkan perhatian medis akan bertambah.

Hal ini disebabkan orang dapat hidup lebih lama tapi memutuskan untuk memiliki anak sedikit. Itu berarti, akan ada kekurangan orang untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan penting, seperti menjadi perawat.

Tidak hanya itu, penghasilan dari pajak juga akan menurun, mengurangi jumlah uang yang tersedia untuk membayar orang-orang yang aktif bekerja.

Karena itu, tidak heran jika negara-negara seperti Singapura dan Jepang menggunakan robot untuk memberikan perawatan pada orang-orang lanjut usia. Selain itu, Tiongkok juga telah memperkenalkan robot yang berfungsi untuk membantu para lansia. 




(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /