Google Indonesia Tolak Pemeriksaan Pajak oleh Pemerintah

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 15 Sep 2016 18:46 WIB
google
Google Indonesia Tolak Pemeriksaan Pajak oleh Pemerintah
Google menolak pajaknya diperiksa pemerintah (

Metrotvnews.com: Pemerintah Indonesia tengah melakukan investigasi terhadap Google Indonesia karena diduga tidak membayar seluruh pajaknya.

Menurut Reuters, Google juga menolak untuk diperiksa pajaknya membuat pemerintah semakin curiga terhadap raksasa internet tersebut. Di Indonesia, Google sendiri telah mendirikan badan usaha bernama PT Google Indonesia.

"Kami akan melakukan investigasi kepada mereka (Google) karena tidak mau diperiksa pajaknya, sehingga membuat kami curiga akan adanya indikasi penyelewengan pajak," ujar Kepala Kantor Wilayah Jakarta Khusus Ditjen Pajak, Muhammad Hanif kepada Reuters.

Hanif juga menambahkan, investigasi terhadap Google akan dilakukan paling cepat pada akhir bulan ini.

Sementara itu Head of Policy Communication Google Asia Pacific, Taj Meadows, enggan berkomentar akan hal ini. Namu melalui email kepada Reuters, Meadow mengatakan akan menjawab hal tersebut sesegera mungkin.

Pemerintah Indonesia memang tengah gencar memburu perusahaan asing yang diduga tidak membayar kewajiban pajaknya. Beberapa perusahaan besar di bidang teknologi dan layanan digital seperti Yahoo, Twitter, dan Facebook, juga menjadi sasaran investigasi pemerintah. Meski demikian, ketiganya tidak keberatan jika pemerintah melakukan pemeriksaan.

Pemerintah Indonesia menduga perusahaan layanan digital tersebut tidak membayar pajak atas pendapatannya dari iklan digital yang tayang di Indonesia.

Data dari Kemenkominfo menunjukkan, jumlah pendapatan iklan digital yang ada di Indonesia diduga mencapai USD800 juta selama tahun 2015, dan semuanya tidak terkena pajak. 

Sebelumnya, Google Indonesia pernah membantah jika pihaknya mengemplang pajak. Mereka mengklaim telah dan akan taat membayar semua pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia.

"PT Google Indonesia didirikan di Indonesia pada tahun 2011, dan kami telah dan akan taat membayar semua pajak sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia," ujar Head of Communication, Google Indonesia, Jason Tedjasukmana saat dihubungi oleh Metrotvnews.com.


(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /