Elon Musk Ingin Satukan Otak Manusia dan AI

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 15 Sep 2016 12:05 WIB
teknologi
Elon Musk Ingin Satukan Otak Manusia dan AI
Neural Lace memungkinkan otak manusia berkomunikasi dengan komputer secara langsung

Metrotvnews.com: Elon Musk dianggap sebagai orang yang cukup berani dan gila teknologi.

Tidak hanya berencana mendaratkan manusia di Mars, Musk juga telah berinvestasi di banyak bidang teknologi masa depan, seperti sistem transportasi Hyperloop, mobil otonom Tesla, hingga pabrik baterai terbesar Gigafactory.

Kali ini, Musk ingin agar otak manusia di-upgrade sehingga bisa terhubung dengan sistem komputer dan bekerja bersama kecerdasan buatan (AI).

Dalam acara bernama Code Conference, Musk mengatakan manusia saat ini sudah seperti cyborg. Menurutnya, manusia saat ini sudah jauh lebih cerdas jika dibandingkan dengan manusia 20 tahun yang lalu.

Penyebab meningkatnya kecerdasan manusia saat ini adalah berkat informasi yang bisa hadir lebih cepat dan dekat melalui perangkat digital seperti smartphone. Musk berpendapat kecerdasan manusia akan turun jika dipisahkan dari smartphone.

Alasan itulah yang menjadi dasar Musk bagaimana manusia ke depannya bisa langsung mengakses informasi tersebut tanpa melalui perangkat, namun langsung menuju otak.

Salah satu solusinya adalah dengan menghadirkan lapisan digital langsung ke otak manusia yang memungkinakan manusia menjadi dapat berkomunikasi secara langsung tanpa melalui perantara perangkat seperti smartphone.



Musk menambahkan, salah satu kendala pada manusia adalah tidak seimbangnya input dengan output. Manusia memiliki kemampuan yang sangat bagus untuk menerima informasi, namun sangat lambat untuk bereaksi. Musk ingin hal tersebut hilang sehingga nantinya kita bisa mengirim pesan hanya dengan berfikir.

Menariknya, teknologi yang diimpikan oleh Musk sebenarnya telah ada, yaitu Neural Lace. Teknologi tersebut memanfaatkan nanoteknologi dengan bioteknologi untuk menghadirkan lapisan digital khusus pada otak, sehingga manusia bisa berkomunikasi langsung dengan komputer.

Menurut Global Futurist, Neural Lace telah diuji coba pada seekor tikus dan berhasil. Teknologi ini mungkin akan hadir dalam 10 atau 20 tahun ke depan.

Bagaimana, tertarik untuk upgrade otak Anda?


(MMI)

Video /