Tiga Smartphone Android Nokia Resmi Masuk Indonesia

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 14 Sep 2017 16:23 WIB
gadgetnokia
Tiga Smartphone Android Nokia Resmi Masuk Indonesia
Nokia luncurkan tiga smarphone Android baru di Indonesia (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Nokia kembali. Hari ini produsen ponsel asal Finlandia tersebut merilis tiga smartphone barunya di Indonesia, yaitu Nokia 3, 5, dan 6. Ketiganya dijadwalkan mulai dipasarkan pada bulan Oktober mendatang. Berbeda dengan seri sebelumnya, tiga smartphone baru ini tampil menggunakan sistem operasi Android.

"Akhirnya Nokia kembali hadir dengan Android," ujar Mark Trundle, Country Manager Nokia untuk Indonesia, Australia dan Selandia Baru.

"Kami tidak akan melupakan filosofi Nokia terdahulu. Kali ini kami akan kembali menghadirkan perangkat yang tangguh, berbeda, dan mudah digunakan, sama seperti ponsel Nokia sebelumnya."

Nokia 3 merupakan smartphone seri terendah dari tiga seri yang dirilis hari ini. Smartphone ini tampil dengan layar IPS 5 inci yang dilapisi Corning Gorilla Glass. Layar tersebut diklaim memiliki tingkat reflkeksi yang rendah sehingga lebih nyaman bagi pengguna untuk melihat konten yang ditampilkannya meski dilihat di bawah sinar matahari.

Nokia 3 juga mengandalkan kamera utama dan kamera depan dengan resolusi 8MP. Sementara warna yang tersedia adalah Matte Black, Tempered Blue, Silver White, dan White Copper.



Nokia 5 merupakan seri tengah yang dirilis kali ini. Smartphone ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 430 dan RAM 3GB. Berbeda dengan saudaranya yang sebelumnya, smartphone ini tampil dengan layar IPS HD berukuran 5,2 inci. Meski tidak disebutkan spesifikasi baterainya, namun pihak Nokia mengatakan smartphone ini memiliki daya tahan yang panjang.

Kameranya juga memiliki resolusi lebih tinggi dari Nokia 3, yaitu 13MP untuk kamera utama, dan 8MP untuk kamera depan. Nokia 5 bakal hadir dengan warna Matte Black, Tempered Blue, dan Silver.

Terakhir, yaitu Nokia 6 merupakan seri tertinggi yang dirilis saat ini. Nokia 6 tampil dengan bodi aluminium seri 6.000 dan memiliki sistem Smart Audio Amplifier yang didukung oleh teknologi Dolby Atmos.  ini tampil dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 430 serta GPU Adreno 505. Smartphone ini akan hadir dengan warna Matte Black dan Silver.

Tiga smartphone ini akan hadir dengan sistem operasi Android murni dan suah siap mengadopsi Android Oreo. Ketiganya juga akan mulai dipasarkan pada bulan Oktober mendatang. Untuk harganya, Nokia 3 dibanderol seharga Rp1.899.000. Sementara dua smartphone lainnya masih belum diketahui harganya.


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.