Pembuat Senjata AK-47 Ciptakan Sepeda Motor Terbang

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 29 Sep 2017 15:22 WIB
teknologi
Pembuat Senjata AK-47 Ciptakan Sepeda Motor Terbang
hover bike buatan Kalashnikov saat diujicoba terbang

Metrotvnews.com: Perusahaan pembuat senjata AK-47, Kalashnikov, kembali menjadi pembahasan namun bukan karena senjata yang mereka kembangkan tetapi motor terbang atau hover bike yang dibuat dan berhasil diujicobakan.

Dikutip dari The Verge, hover bike buatan Kalashnikov ini dikendarai menggunakan dua buah joystick. Kerangka kendaraan ini menggunakan bahan metal dan tenaganya berasal dari dua buah kotak baterai.

Untuk penggeraknya, teknologi yang digunakan masih menggunakan kebanyakan kendaraan terbang dikembangkan saat ini yaitu menggunakan baling-baling. Ada 8 pasang atau 16 baling-baling yang berputar di sekelilingnya sehingga suara yang dihasilkan sama seperti sebuah drone yang terbang.



Proyek ini diterbangkan di dalam bangunan Kalashnikov Concern, dan dalam pengembangannya perusahaan tersebut bekerjasama dengan Roshteknologii, sebuah badan usaha milik negara Rusia yang bergerak di manufaktur industri pertahanan.

Meskipun masih purwarupa, kendaraan ini berhasil terbang hingga ketiggian sekitar 1,5 meter dan berputar ke lokasi awal.

Berdasarkan informasi yang diterima, peredabatan tentang teknologi hover bike buatan Kalashnikov ada pada bahan bakar dan daya tahannnya. Penggunaan baterai dinilai mampu mengurangi beban kendaraan ketimbang bahan bakar cair, namun daya tahannya tidak jauh berbeda dengan sebuah drone, hanya mampu terbang dalam waktu singkat. 

Pada video yang menampilkan ujicoba terbang kendaraan tersebut, di bagian akhir akan terlihat desain bodi luar yang mengesankan kendaraan tersebut ditujukan untuk komersial. Ini belum bisa dipastikan mengingat perusahaan tersebut kental akan riwayat pengembangan senjata.

Satu hal yang bisa pasti adalah kendaraan terbang buatan Kalashnikov ini sangat mirip dengan purwarupa Kitty Hawk yang diuji Larry Page si pendiri Google.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.