Telegram Sudah Dukung Video dan Pembayaran Digital

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 19 May 2017 17:26 WIB
aplikasi
Telegram Sudah Dukung Video dan Pembayaran Digital
Telegram merilis update berbekal serangkaian fitur baru.

Metrotvnews.com: Tim pengembang Telegram baru saja mengumumkan rangkaian fitur baru yang tersedia pada versi terbarunya. Telegram 4.0 yang baru-baru ini dirilis berbekal fungsi penting baru seperti pesan video dan Telescope.

Setelah mengunduh Telegram 4.0, pengguna dapat mengirimkan pesan video ke kontaknya. Untuk dapat menikmati fitur tersebut, pengguna hanya perlu memulai percakapan di Telegram, dan mengetuk ikon mikrofon untuk mengakses mode kamera. Kemudian ketuk dan tahan selama beberapa saat ikon tersebut dan rekam pesan.

Aplikasi ini melakukan proses kompresi pada pesan video dan mengirimnya bahkan saat video masih dalam proses perekaman. Hal ini memungkinkan pesan diterima oleh penerima dalam kurun waktu cepat.

Sementara itu, Telescope merupakan platform hosting video baru yang ditujukan untuk pengguna yang gemar memanfaatkan video sebagai cara berkomunikasi. Melalui platform ini, pengguna tidak memerlukan akun Telegram untuk dapat menonton pesan video yang memanfaatkan Telescope.

Sehingga kapan pun pengguna mengunggah pesan video ke saluran publik di dalam Telegram, pesan akan secara otomatis diunggah ke platform hosting video baru Telegram tersebut. Selain itu, video akan mendapatkan URL publik yang dapat diakses oleh siapapun.

Dengan Bot Payments, pengembang dapat menerima pembayaran dari pengguna, terlepas dari lokasi keberadaan mereka. Telegram 4.0 juga memungkinkan pengguna untuk memesan benda dan layanan dari bot yang menawarkannya.

Di sisi lain, pengembang juga dapat menambahkan tombol Pay pada bot tersebut sehingga saat pengguna mengetuk Pay, mereka akan diminta untuk mengisi keterangan terkait kartu kredit mereka dan informasi pengiriman.

Pengguna Telegram juga dapat melindungi informasi detil kartu kredit sensitif mereka dengan memanfaatkan proses verifikasi dua langkah. Hal ini juga ditujukan untuk mempercepat proses pemesanan, karena pengguna tidak perlu mengisi informasi kartu kredit berulang kali. Selain itu Bot Payments juga berbekal dukungan Apple Pay.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.