Spotify Hadapi 2 Tuntutan Baru

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 24 Jul 2017 16:36 WIB
spotify
Spotify Hadapi 2 Tuntutan Baru
Spotify kembali dituntut. (Mashable)

Metrotvnews.com: Secara hukum, bisnis streaming Spotify sangat rumit. Menjelang penawaran saham perdana (IPO) yang bisa membuatnya dihargai USD13 miliar (Rp173 triliun), perusahaan streaming musik itu harus menghadapi 2 tuntutan baru, lapor THR

Menurut salah satu tuntutan yang ditujukan pada Spotify, Bob Gaudio dari Four Seasons menuduh Spotify membiarkan lagu-lagu dari tahun 1960-an seperti Can't Take My Eyes off of You didengarkan penggunanya tanpa lisensi yang sesuai, seperti yang dikutip dari Engadget

Sementara tuntutan lainnya datang dari Bluewater Music Services Corporation, yang bertanggung jawab atas hak streaming untuk lagu-lagu seperti White Liar dari Miranda Lambart dan Yesterdays dari Guns 'N Roses. Secara keseluruhan, dua tuntutan ini melibatkan lebih dari 2.500 lagu.

Bluewater berkata, Spotify dapat menguasai pasar streaming musik dengan melakukan pelanggaran hak cipta dalam skala besar. Selain itu, mereka juga menambahkan, jika denda yang dikenakan pada Spotify melalui tuntutan ini kurang dari USD150 ribu (Rp2 miliar) per lagu, maka hukuman denda itu tidak akan memengaruhi perusahaan streaming musik tersebut.

Spotify memang memiliki perjanjian dengan studio rekaman untuk menggunakan rekaman musik. Namun, tuntutan terbaru ini terkait hak cipta akan komposisi lagu. Setiap lagu diputar, penulisnya seharusnya mendapatkan sebagian dari keuntungan yang didapat.

Untuk mengetahui kepada siapa mereka harus membayar, Spotify bekerja sama dengan badan-badan besar. Sayangnya, organisasi itu tidak mewakili semua musisi yang ada. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.