2020, Ucapkan Selamat Tinggal pada Adobe Flash

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 26 Jul 2017 08:30 WIB
adobe
2020, Ucapkan Selamat Tinggal pada Adobe Flash
Adobe mengumumkan siklus hidup Flash akan berakhir pada akhir tahun 2020 mendatang.

Metrotvnews.com: Adobe mengumumkan Flash, plugin yang memungkinkan pengguna memutar video di YouTube, akan memasuki akhir siklus hidupnya pada akhir tahun 2020 mendatang.

TechCrunch melaporkan, Adobe akan berhenti merilis update dan mendistribusikan Flash mulai akhir tahun 2020 tersebut. Namun, hingga waktu tersebut tiba, Adobe akan terus bekerja sama dengan mitra seperti Apple, Mozilla, Microsoft dan Google. Kerja sama Adobe dan mitranya tersebut berupa update keamanan Flash pada peramban mereka, serta dukungan versi baru. Selain itu, Adobe tidak akan menawarkan fitur baru pada Flash.

Adobe juga mengumumkan rencananya untuk lebih agresif terkait rencananya untuk mengakhiri dukungan untuk Flash di wilayah tertentu, lokasi pendistribusian Flash Player yang tidak memiliki izin atau menggunakan versi lama.

Pengumuman yang disampaikan Adobe ini tidak mengejutkan, sebab dengan pendistribusiannya yang luas, Flash menjadi salah satu target peretas. Dan Flash menawarkan peretas keleluasan untuk dapat menyerang perangkat target mereka.

Hal ini mendorong vendor peramban untuk menyuarakan ketidaksukaannya terhadap dukungan serupa Flash selama beberapa tahun terakhir. Akibatnya, seperti Google, sejumlah vendor peramban besar mengatur Flash untuk mendapatkan izin dari pengguna jika ingin digunakan.

Namun, berbagai hal yang dapat dilakukan Flash dan tidak dapat dilakukan HTML5 kian menurun. Adobe menyebut sejumlah perusahaan yang mengandalkan Flash menurun selama beberapa tahun terakhir.

Bidang pendidikan dan ranah game masin menjadi pengguna setia Flash, meski Facebook menyebut akan membantu pengembang game pada platform-nya untuk bermigrasi dan beralih ke standar web terbuka.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /