Acer Swift 5 Generasi Baru Punya Bobot Kurang dari 1 Kg

Mohammad Mamduh    •    Senin, 28 May 2018 11:14 WIB
acer
Acer Swift 5 Generasi Baru Punya Bobot Kurang dari 1 Kg
Acer Swift 5

Jakarta: Acer mengumumkan laptop terbarunya Swift 5, yang diklaim untuk pengguna yang menginginkan portabilitas disertai kinerja yang mumpuni, tak lupa desain yang keren.

Acer Swift 5 memiliki layar 15 inci, dengan bodi yang diklaim mengusung bobot kurang dari 1 kg. Lini laptop Swift milik Acer memang termasuk dalam kategori ultrabook, yang mengutamakan dimensi tipis dan ringan.

Laptop ini sudah mengadopsi Windows 10 dan prosesor Intel generasi terbaru, yang diklaim membuat daya tahan baterai lebih awet. 

“Kehadiran Swift 5 14-inci telah banyak mendapat respon positif dari mereka yang melihat dan merasakannya. Saat ini, kami ingin menerobos batasan ketipisan tersebut dengan model 15,6 inci,” ujar Jerry Hou, General Manager, Consumer Notebooks, IT Products Business, Acer.

“Kami tetap menjaga berat laptop di bawah 1kg menggunakan ultra-narrow bezel dan sebuah bodi yang sedikit lebih besar.”

Swift 5 sudah mendukung layar sentuh beresolusi Full HD. Bingkai layar memang ditekan cukup banyak, berukuran 5,87 mm (0,23 inci). Desain ini membuat layar mengusung rasio 87,6 persen dari bingkai. 

Salah satu fitur dari software yang Acer Swift 5 pasang adalah Acer Color Intelligence, yang diklaim mampu menyesuaikan gamma dan saturasi secara cepat, termasuk mengoptimalkan warna layar dan kecerahan tanpa kliping atau saturasi yang berlebihan.

Sementara Acer BluelightShield memungkinkan penyesuaian dari emisi blue-light pada layar selama periode penggunaan yang lama. Swift 5 menggunakan material paduan magnesium-lithium untuk penutup atas dan bawah, dan paduan magnesium-aluminium untuk area sandaran tangan. 

Dari aspek jaringan, Swift 5 mengadopsi Intel Wireless-AC 9560 yang menawarkan kinerja Gigabit nirkabel 2x2 802.11ac untuk kebutuhan streaming, sharing, konferensi, dan game. 

Acer Swift 5 menyediakan pilihan ruang penyimpanan SSD sampai 1TB, dengan kapasitas RAM 16GB DDR4. Antarmuka perangkat menyediakan satu port USB 3.1 Type-C Gen 2, dua port USB 3.1 Tipe-A, port HDMI, dan card reader SD. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.