Xiaomi Mi 8, Tiruan Terbaik Apple iPhone X?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Jun 2018 13:06 WIB
applexiaomi
Xiaomi Mi 8, Tiruan Terbaik Apple iPhone X?
Xiaomi Mi 8.

Jakarta: Xiaomi baru saja meluncurkan ponsel flagship barunya. Mi 8 memiliki tampilan yang sangat mirip dengan iPhone X dari Apple. 

Memang, perusahaan asal Tiongkok itu sering dituduh meniru Apple. Namun, beberapa tahun belakangan, mereka berhasil mengembangkan ponsel dengan desain mereka sendiri. Seperti yang disebutkan TechCrunch, lini Mi Mix bahkan berhasil mendapatkan pujian karena desainnya yang inovatif.

Sayangnya, dengan Mi 8, Xiaomi kembali meniru desain produk Apple, yaitu iPhone X. Mi 8 adalah smartphone pertama Xiaomi yang memiliki notch atau poni. Memang, saat ini, banyak vendor yang meniru desain Apple dan menambahkan poni pada ponselnya. 

Hanya saja, ponsel terbaru Xiaomi terlihat sangat mirip dengan iPhone X. Selain poni, dua kamera pada Mi 8 juga ditempatkan di posisi yang hampir sama dengan iPhone X.


Xiaomi mi 8 (kiri) dan Apple iPhone X (kanan). 

Bahkan penamaan Mi 8 meniru Apple. Sama seperti Apple yang memutuskan untuk langsung menggunakan nama iPhone X setelah iPhone 8, Xiaomi juga langsung menggunakan nama Mi 8 setelah Mi 6 untuk merayakan ulang tahun perusahaan yang ke-8. 

Dari segi software, bahkan peletakan sinyal telekomunikasi, indikasi daya dan indikator sinyal WiFi sangat mirip dengan iPhone X. Tidak hanya itu, Mi 8 juga dilengkapi dengan fitur serupa Animoji dan fitur face unlock milik iPhone X dari Apple. 

Sebagai ponsel flagship, Xiaomi Mi 8 juga dilengkapi dengan spesifikasi tinggi seperti Snapdragon 845, RAM 6GB dan memori internal hingga 256 GB.

Keputusan Xiaomi untuk meniru desain iPhone X mungkin akan membuat Apple dan penggemarnya marah. Namun, bagi orang yang mencari ponsel flaghsip dengan harga yang lebih terjangkau, Mi 8 adalah anugerah. 

Sayang, tidak diketahui apakah Xiaomi akan membawa Mi 8 ke Indonesia. Sejauh ini, perusahaan asal Tiongkok itu tidak pernah membawa ponsel premium mereka, termasuk lini Mi dan Mi Mix. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.