Nokia Bantu Pantau Kepuasan Pelanggan Pakai AI

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 02 Apr 2018 18:45 WIB
nokiacorporate
Nokia Bantu Pantau Kepuasan Pelanggan Pakai AI
Nokia. (David Ramos/GETTY IMAGES)

Jakarta: Nokia sebagai perusahaan teknologi masih terus mengembangkan beragam inovasi teknologi, bukan cuma ponsel seperti yang diketahui banyak orang. Bidang seperti kecerdasan buatan juga menjadi salah satu fokus riset Nokia Bell Labs.

Nokia mengumumkan telah menciptakan software berbasis AI yang menyediakan layanan Cognitive Analytics for Customer Insight, atau analisis kognitif untuk mengetahui informasi pelanggan, terutama dari segi kepuasan terhadap layanan perusahaan.

Nokia Cognitive Analytics for Customer Insight diklaim memberikan pandangan mengenai pengalaman pelanggan secara real-time untuk membantu penyedia layanan dengan cepat mengidentifikasi masalah dan memprioritaskan peningkatan berdasarkan profil pelanggan mereka dan dampak bisnisnya.

Software ini dilengkapi  Indeks Pengalaman Pelanggan/Customer Experience Index (CEI), yang menghubungkan informasi dari jaringan, perangkat, layanan pelanggan, penagihan, dan sumber lainnya dengan survei kepuasan seperti Net Promoter Score untuk memberikan nilai sesuai dengan keinginan pelanggan yang melacak kinerja layanan dan kepuasan pelanggan.

Layanan Nokia CEI telah menggunakan machine learning dan algoritma pembelajaran yang dikembangkan bersama Nokia Bell Labs untuk memberikan tingkat baru kemampuan prediksi dan otomatisasi guna meningkatkan pengalaman pelanggan.

Algoritma tersebut teroptimalkan dengan sendirinya dari waktu ke waktu, mengurangi waktu yang diperlukan untuk pengaturan awal indeks dari bulan ke hari, dan memberikan pandangan mengenai kepuasan pelanggan yang jauh lebih akurat.

Hasilnya, penyedia layanan dapat mengambil tindakan berdasarkan informasi dan prediksi CEI enam kali lebih cepat untuk mengatasi masalah layanan dan memberikan layanan yang dapat menghasilkan pendapatan dari layanan yang lebih baik berdasarkan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Selain itu, versi terbaru dari CEI Nokia ini juga didukung integrasi dengan Nokia Fastermind yang memanfaatkan pembelajaran mesin untuk mengambil nilai dari data analitik pelanggan untuk pengambilan keputusan secara real-time (RTD).


(MMI)

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng
Review Smartphone

ASUS Zenfone Max Pro M1, Pas untuk yang Suka Main Game Bareng

1 hour Ago

Menjual daya tahan baterai yang awet dengan kebutuhan mobile gaming adalah perpaduan yang pas.

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.